Pengertian Jaringan Dalam Biologi

Loading...
Pengertian Jaringan adalah tiap-tiap kumpulan protoplas yang mempunyai dinding atau merupakan suatu kumpulan sel yang bentuk dan fungsinya sama. Makna kalimat “suatu kumpulan sel yang bentuk dan fungsinya sama” untuk dapat mengetahui tumbuhan yang mempunyai jaringan dan yang tidak mempunyai jaringan.
 
Pada tumbuhan yang uniseluler atau terdiri dari satu sel (bakteria) tentunya tidak mempunyai jaringan, demikian pula pada tumbuh-tumbuhan yang rendah tingkat perkembangannya belum mempunyai jaringan. Jaringan-jaringan tersebut pada umumnya terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang yang tinggi tingkat perkembangannya, semakin tinggi tingkat perkembangannya maka semakin jelas pula adanya diferensiasi yang membentuk alat-alat tumbuhan yang berlainan.
 
Dengan adanya jaringan-jaringan dalam tumbuhan, ini berarti bahwa pada tumbuhan tersebut telah ada pembagian dalam kegiatan-kegiatan proses hidupnya, dalam hal ini tiap-tiap jaringan biasanya hanya melakukan suatu satu macam proses hidup, contohnya :

1. Jaringan meristem yang mampu membelah secara terus menerus dan membentuk sel-sel baru.

2. Jaringan epidermis melindungi jaringan sel pada bagian dalam
3. Jaringan gabus berfungsi sebagai pengganti dari epidermis ketika batang atau akar menjadi dewasa
4. Jaringan parenkim, membentuk daging buah, menyimpan makanan cadangan, membentuk endosperm,  tempat fotosintesis, sebagai penyokong tubuh bila vakuolanya berisi air.
5. Jaringan Kollenkhim, berfungsi untuk menyokong tubuh tumbuhan.
6. Jaringan sklerenkim, juga berfungsi sebagai penyokong
7. Jaringan Phloem (pembuluh tapis) berfungsi mengangkut bahan mineral dan air dari akar sampai daun.


Terjadinya jaringan tumbuhan ialah karena adanya atau berlangsungnya pembelahan dari sel-sel tersebut, yang dalam hal ini sel-sel yang terjadi tetap melakukan hubungan-hubungan dengan erat antara yang satu dengan yang lainnya. Kemudian pembentukan jaringan-jaringan tersebut sangat erat kaitannya pula dengan pembentukan berbagai alat pada tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, buah dan lain-lain).
 

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Jaringan dalam Biologi, semoga tulisan saya tentang Pengertian Jaringan dalam Biologi dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Jaringan :

– Yayan Sutrian, 2011. Pengantar Anatomi Tumbuh-Tumbuhan (Tentang Sel dan Jaringan). Penerbit PT Rineka Cipta: Jakarta.
 
Gambar Pengertian Jaringan Dalam Biologi
Gambar Pengertian Jaringan Dalam Biologi