Pengertian Sel Dalam Biologi

Loading...
 
Pengertian Sel Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
 
Menurut Robert Hooke, Pengertian Sel adalah unit-unit kecil yang dibatasi oleh dinding-dinding pada jaringan gabus. Selanjutnya Hooke menemukan adanya sel-sel pada jaringan lain di tanaman dan rongga-rongga sel-sel hidup yang dipenuhi oleh cairan (sekarang dikenal sebagai plasma sel). Hal itulah yang kemudian menjadi dasar dari konsep sel yang menyatakan bahwa, Pengertian sel ialah elemen yang universal dari struktur dan fungsi organik makhluk hidup.
 
Menurut Salisbury dan Ross, Pengertian sel adalah unit kehidupan yang paling mendasar, di mana tidak ada lagi kehidupan pada unit yang lebih kecil daripada sel. Semua organisme hidup terdiri atas sel, baik prokariotik maupun eukariotik. Setiap sel merupakan hasil dari pembelahan sel-sel yang telah ada sebelumnya.
 
Sel Prokariotik ialah sel yang tidak memiliki inti yang jelas. Inti sel prokariotik hanya berupa suatu organel sentral yang disebut nukleoid yang dikelilingi oleh sitoplasma, bukan oleh membran inti. Disamping itu, organel-organel lain pada sel-sel prokariotik pun tidak memiliki membran seperti halnya pada sel-sel eukariotik. Semua tanaman tingkat tinggi terdiri atas sel-sel Eukariotik, sedangkan bakteri, gangganng biru-hijau dan mikoplasma merupakan organisme dengan tipe sel prokariotik.
 
Dijelaskan oleh Salisbury dan Ross bahwa Pada sel tumbuhan terdapat 3 ciri pokok yang membedakannya dari sel hewan. Perbedaan tersebut terletak pada dinding sel, vakuola dan plastida, terutama kloroplas. Sel sel hewan tidak memiliki dinding, tidak seperti sel tumbuhan. Vakuola pada sel tumbuhan berukuran lebih besar daripada sel hewan dan terletak di tengah-tengah sel. Sementara itu kloroplas terdapat pada sel tumbuhan, namun tidak pada sel hewan.
 
Demikianlah Pembahasan mengenai Pengertian Sel dalam Biologi, semoga tulisan saya mengenai Pengertian Sel dalam Biologi dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Sel :

– Zulkarnain, 2009. Kultur Jaringan Tanaman. Yang Menerbitkan PT Bumi Aksara: Jakarta.
Gambar Pengertian Sel Dalam Biologi
Gambar Pengertian Sel Dalam Biologi