. Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Pakar | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Pakar, sebagai berikut :

Pengertian Filsafat Hukum menurut Soerjono Soekanto adalah kegiatan perenungan nilai-nilai, penyerasian nilai-nilai dan perumusan nilai-nilai yang berpasangan tetapi kadangkala bersitegang.


Menurut Apeldoorn, Pengertian Filsafat Hukum ialah petunjuk-petunjuk mengenai nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat dan sekaligus menunjukkan ke arah mana nilai-nilai tersebut akan berkembang.

Lili Rasjidi mendefinisikan Pengertian Filsafat Hukum merupakan refleksi teoritis (intelektual) tentang hukum yang paling tua dan dapat dikatakan merupakan induk dari semua refleksi teoritis tentang hukum.

Pengertian Filsafat Hukum menurut J. Gejssels adalah filsafat umum yang mengarahkan refleksinya terhadap hukum dan gejala hukum.  Hal yang sama juga dalam dalil D.H.M. Meuwssen, bahwa Pengertian Filsafat Hukum yaitu filsafat yang merenungkan semua persoalan fundamental dan masalah-masalah perbatasan yang berkaitan dengan gejala hukum.

Berkaitan dengan ajaran filsafat hukum, maka Ruang Lingkup Filsafat Hukum tidak lepas dari ajaran filsafat  itu sendiri, seperti :
a. Antologi hukum merupakan ilmu yang mempelajari hakekat hukum, contohnya hakekat demokrasi, hubungan hukum dan moral lainnya.
b. Axiologi hukum yaitu mempelajari isi dari nilai seperti : kebenaran, keadilan, kebebasan, kewajaran, penyalahgunaan wewenang lainnya.
c. ideologi hukum, yakni mempelajari secara terperinci dari keseluruhan orang dan masyarakat yang memberikan dasar atau legitimasi bagi keberadaan lembaga-lembaga hukum yang akan datang,  sistem hukum atau bagian-bagian dari sistem hukum.
d. Teleologi hukum merupakan ilmu yang menentukan isi dan tujuan hukum.
e. Keilmuan hukum ialah ilmu meta teori bagi hukum.
f. Logika hukum yaitu mengarah kepada argumentasi hukum, bangunan logis dan sistem hukum dan struktur sistem hukum.
 
Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Filsafat Hukum Menurut para Pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian filsafat hukum menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam penulisan pengertian filsafat hukum menurut para pakar :

– Titik Triwulan Tutik, 2006. Pengantar ilmu Hukum. Yang menerbitkan Prestasi Pustakaraya : Jakarta.
Gambar Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Pakar

 
Pengertian Filsafat Hukum Menurut Para Pakar | utsman ali |