Pengertian islam Menurut Pakar

Loading...
 

Kata Islam berasal dari bahasa Arab diangkat dari asal kata “salima” yang berarti selamat sentosa. Dari asal kata itu dibentuk kata “aslama” yang artinya tunduk patuh, taat dan memelihara diri.

 
Pengertian islam secara khusus adalah segala apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana yang diturunkan Allah dalam Al-Qur’an dan disampaikan oleh Nabi Muhammad dalam sunnahnya yang shahih atau benar, yang berupa perintah-perintah, larangan-larangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebahagiaan manusia di dunia dan kesejahteraan di hari kemudian atau akhirat.
 
Secara Umum, Pengertian islam adalah segala apa yang diisyaratkan oleh Allah dengan perantara para Nabi dan Rasulnya yang berupa perintah-perintah, larangan-larangan serta petunjuk-petunjuk untuk kebahagiaan manusia didunia dan kesejahteraan dihari kemudian atau akhirat.
 
Berdasakan pada Hadist Nabi sebagai jawaban terhadap pertanyaan seorang badawi kepada Nabi Muhammad SAW, Pengertian islam adalah engkau naik saksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan Muhammad adalah rasul Allah, engkau menegakkan shalat dan memberi zakat, berpuasa pada bulan ramadhan, serta pergi haji ke baitullah jika engkau sanggup melaksanakannya.
 
Pengertian islam yang diangkat dari kata “aslama” itu sendiri ialah kepatuhan dan ketaatan serta mengikat diri dengan sukarela kepada Allah Swt. Dalam Pengertian islam ini terdapat syarat suka rela atau ikatan, karena kepatuhan yang dipaksakan itu sepanjang mengenai eksistensinya adalah umum bagi semua makhluk hingga tidak ada pahala melainkan hanyalah hukuman.
 
Pengertian islam dari segi sistem adalah suatu sistem peraturan-peraturan undang-undang yang meliputi peraturan-peraturan hidup manusia dan tata cara tingkah laku bagi manusia, yang dibawa oleh Rasulullah Muhammad SAW dari Tuhannya, yang diperintahkan kepadanya untuk menyampaikan kepada seluruh umat manusia dengan akibat pahala bagi mentaatinya dan hukuman bagi yang mengingkarinya.
 
Melihat dari Substansi ajarannya maka dirumuskan, sebagai berikut.
Pengertian islam adalah keselamatan yang diturunkan Allah kepada Rasul-Nya Muhammad SAW yang terdiri dari hukum-hukum akidah, akhlak, peribadatan, mu’amalah dan berita kisah-kisah yang kesemuannya terdapat dalam kitab Suci Al quran dan hikamah Rasulullah yang diperintahkan Allah unyuk disampaikan kepada seluruh umat manusia. Demikianlah pengertian hukum islam menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian islam menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku yang digunakan dalam penulisan pengertian islam :

M. Alwi Nawawi, 1988. Pengantar Pendidikan Agama Islam. Yang Menerbitkan Lembaga Percetakan dan Penerbitan Universitas Muslim Indonesia.
Gambar Pengertian Islam
Gambar Pengertian Islam