. Pengertian Pajak Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Pajak Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Pajak Menurut Para Pakar, sebagai berikut :

Pengertian Pajak Menurut Prof Dr. Rochmat Soemitro adalah iuran dari rakyat untuk kas negara berdasarkan undang-undang tanpa mendapat jasa-jasa timbal balik dari negara, yang langsung dapat ditunjukkan dan yang digunakan untuk membayar pengeluaran umum.


Menurut Prof Dr. P.J.A Adriani, Pengertian Pajak adalah iuran kepada negara (yang dapat dipaksakan) yang terutang oleh yang wajib membayar menurut peraturan-peraturan dengan tidak mendapat balasan kembali, yang langsung dapat ditunjuk dan digunakan untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran umum yang berhubungan dengan tugas negara untuk menyelenggarakan pemerintahan.

Leroy Beaulieu mengatakan bahwa Pengertian Pajak merupakan bantuan yang baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam hal ini dipaksakan oleh kekuasaan publik dari penduduk atau dari barang untuk menutupi biaya pembelanjaan pemerintah.

Pengertian Pajak Menurut Prof. Dr. Soeparman yaitu iuran wajib berupa barang atau uang, yang dipungut oleh penguasa (pemerintah) berdasarkan norma-norma hukum, yang digunakan untuk menutup biaya produksi barang-barang dan jasa-jasa kolektif dalam mencapai kesejahteraan umum. Pajak merupakan aset pemerintah dalam menghimpun dana untuk pembelajaan keperluan negara.


Menurut Prof. Dr. M.J.H Smeets, Pengertian Pajak adalah prestasi kepada pemerintah oleh yang terutang melalui norma-norma hukum dan prestasi ini dapat dipaksakan, dimaksudkan untuk membiayai pengeluaran pemerintah.


Mr. Dr. N.J. Fieldman mengemukakan Pengertian Pajak ialah prestasi yang dipaksakan sepihak kepada terutang kepada penguasa (menurut norma-norma yang ditetapkan), tanpa adanya kontraprestasi dan semata-mata digunakan untuk menutup pengeluaran-pengeluaran umum.


Dari definisi yang diungkapkan para pakar diatas mengenai pengertian pajak, maka dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Pajak adalah iuran yang dipaksakan oleh Penguasa (Pemerintah) kepada wajib pajak (Yang telah ditentukan undang-undang), digunakan untuk membiayai keperluan perbelanjaan pemerintah.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pajak menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian pajak menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam penulisan Pengertian Pajak Menurut Para Pakar :

– R. Santoso Brotodihardjo, 2003. Pengantar ilmu Hukum Pajak. Yang Menerbitkan PT Refika Aditama : Bandung.
Gambar Pengertian Pajak Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Pajak Menurut Para Pakar

 
Pengertian Pajak Menurut Pakar | utsman ali |