Pengertian Psikologi Menurut Pakar

Loading...
 
Pengertian Psikologi menurut para pakar, sebagai berikut :

Pengertian Psikologi menurut Wundt adalah ilmu tentang kesadaran manusia (the science of human consciousness). 


Menurut Woodworth dan Marquis, Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari aktivitas-aktivitas dari individu, baik aktivitas kognitif, motorik, maupun emosional.

Branca mengemukakan bahwa Pengertian Psikologi merupakan ilmu tentang perilaku dan dalam hal ini menyangkut perilaku manusia.

Pengertian Psikologi menurut Drever yaitu bidang metode atau pendekatan tertentu dalam mempelajari kondisi kejiwaan seseorang dalam melakukan aktivitasnya.

Dari pengertian psikologi menurut para pakar diatas, kemudian dapat disimpuLkan bahwa :
Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari kondisi kejiwaan (kesadaran) manusia dalam melakukan aktivitas-aktivitasnya, baik aktivitas motorik, kognitif maupun emosionalnya.
 
Seperti yang dikemukakan di atas mengenai pengertian psikologi merupakan ilmu yang membicarakan tentang jiwa itu sendiri tidak nampak, maka yang dapat dilihat atau diobsevasi ialah perilaku atau aktivitas-aktivitas yang merupakan manifestasi atau penjelmaan kehidupan jiwa. Oleh karena itu Psikologi merupakan suatu ilmu yang meneliti serta mempelajari tentang perilaku atau aktivitas-aktivitas dan perilaku serta aktivitas-aktivitas itu sebagai manifestasi hidup kejiwaan. Perilaku dalam hal ini yaitu meliputi perilaku yang nampak (overt behavior) dan juga perilaku yang tidak menampak (innert behavior).
 

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian psikologi menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian psikologi menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam penulisan Pengertian Psikologi Menurut Para Pakar :

– Prof. Dr. Bimo Walgito, 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yang Menerbitkan CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Psikologi Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Psikologi Menurut Para Pakar