Pengertian Sistem Hukum Menurut Para Pakar

Loading...
 
Pengertian Sistem Hukum Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
 
Pengertian Sistem Hukum menurut pendapat Sudikno Mertukusumo adalah Suatu kesatuan yang terdiri dari unsur-unsur yang mempunyai interaksi satu sama lain dan bekerja sama untuk mencapai tujuan kesatuan tersebut.

Menurut Bellefroid, Pengertian Sistem Hukum adalah rangkaian kesatuan peraturan-peraturan hukum yang disusun secara tertib menurut asas-asasnya.

Scolten mengatakan, Pengertian Sistem Hukum adalah kesatuan di dalam sistem hukum tidak ada peraturan hukum yang bertentangan dengan peraturan-peraturan hukum lain dari sistem itu.

Pengertian Sistem Hukum Menurut pendapat Subekti merupakan suatu susunan atau tatanan yang teratur, suatu keseluruhan dimana terdiri dari bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain, tersusunan menurut suatu rencana atau pola, hasil dari suatu pemikiran tersebut untuk mencapai suatu tujuan.

 
Dari pengertian sistem hukum diatas dapat disimpuLkan bahwa :
Pengertian Sistem hukum adalah suatu kesatuan peraturan-peraturan hukum yang terdiri atas bagian-bagian (hukum) yang mempunyai kaitan (interaksi) satu sama lain, yang tersusun sedemikian rupa menurut asas-asasnya, dimana berfungsi untuk mencapai tujuan. Masing-masing bagian tidak berdiri sendiri, tetapi saling terikat. Arti pentingnya yaitu setiap bagian terletak pada ikatan sistem, dalam kesatuan dan hubungannya yang sistematis dengan peraturan-peraturan hukum lainnya.

Bagian-bagian dari hukum merupakan unsur-unsur yang mendukung hukum sebagai suatu kesatuan (integral) dalam suatu jaringan dengan hubungan yang fungsional, resiprokal dan interdepedensi. Misalnya antara Hukum Tata Negara dengan Hukum Administrasi Negara, Hukum Pidana dengan Hukum Perdata, dan seterusnya yang mengarah pada tujuan yang sama , yaitu menciptakan kepastian hukum keadilan dan kegunaan.


Sistem hukum juga tidak terlepas dari asas-asas yang mendukungnya. Untuk itu hukum adalah suatu sistem, yang artinya susunan atau tataan teratur dari aturan-atruran hidup, keseluruhannya terdiri atas bagian-bagian yang berkaitan satu sama lain. Dalam sistem hukum yang baik tidak boleh terjadi pertentangan di antara bagian-bagian yang ada. Jika suatu pertentangan atau kontradiksi tersebut terjadi, sistem itu sendiri yang menyelesaikannya sehingga tidak berlarut.
 
Hukum yang merupakan sistem yang tersusun atas sejumlah bagian-bagian yang masing-masing merupakan sistem yang dinamakan subsistem. Contohnya : sistem hukum positif Indonesia, terdapat subsistem hukum pidana, subsistem hukum perdata dan lainnya saling berbeda.
 
Hukum Indonesia adalah keseluruhan kaidah dan asas berdasarkan keadilan yang mengatur hubungan manusia dalam masyarakat yang berlaku sekarang di Indonesia. Berlakunya hukum di Indonesia dibatasi dalam wilayah hukum tertentu dan ditujukan pada subjek hukum dan objek hukum tertentu pula. Di Indonesia, Pengertian Subjek Hukum adalah warga negara Indonesia dan warga negara asing yang berdomisili di Indonesia, sedangkan Pengertian Objek Hukum di Indonesia adalah semua benda bergerak atau tidak bergerak, benda berwujud maupun tidak berwujud yang terletak di wilayah hukum Indonesia.
 
Demikianlah pembahasan dari saya mengenai pengertian sistem hukum menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian sistem hukum menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber Buku Dalam Penulisan Pengertian Sistem Hukum menurut para pakar :

– Titik Triwulan Tutik, 2006. Pengantar iLmu Hukum. Yang Menerbitkan Prestasi Pustakaraya : Jakarta.
Gambar Pengertian Sistem Hukum Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Sistem Hukum Menurut Para Pakar