Pengertian Sosialisasi Menurut Pakar

Loading...
 
Pengertian Sosialisasi Menurut Para Pakar, Sebagai berikut :
 
Menurut James W Vander Zanden, Pengertian Sosialisasi adalah suatu proses interaksi sosial dimana orang memperoleh pengetahuan, nilai, sikap dan perilaku esensial untuk berpartisipasi secara efektif dalam masyarakat.


Menurut Paul B Horton dan Chester L Hunt, Pengertian Sosialisasi ialah proses seseorang dalam menghayati norma-norma kelompok dimana dia hidup, sehingga timbullah jati diri yang unik.

David B Brinkerhoft dan Lynn K White mengatakan bahwa Pengertian Sosialisasi merupakan suatu proses belajar peran, status dan nilai yang diperlukan untuk partisipasinya dalam institusi sosial.

Dari pengertian sosialisasi yang diungkapkan para pakar di atas, dapat disimpuLkan bahwa :
Pengertian Sosialisasi adalah suatu proses interaksi sosial untuk memperoleh pengetahuan, sikap dan nilai dalam lingkungan bermasyarakat.
 

Ada 2 hal penting dalam suatu proses sosialisasi. Yang pertama tentang proses, yaitu suatu transmisi pengetahuan, nilai, sikap, norma dan perilaku esensial. Yang kedua tentang tujuan, yaitu sesuatu yang diperlukan agar mampu berpartisipasi efektif dalam masyarakat.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian sosialisasi menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian sosialisasi menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Sosialisasi Menurut Para Pakar :

– Damsar, 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. PT Kencana Prenada Media : Jakarta.
Gambar Pengertian Sosialisasi Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Sosialisasi Menurut Para Pakar