. Politik : Apa itu Pengertian Politik ? | Pengertian Pakar

Politik : Apa itu Pengertian Politik ?

Pengertian Pakar
 

Kata “politik” secara etimologis berasal dari bahasa Yunani “poitenia“, yang akar katanya adalah “polis“, berarti kesatuan masyarakat yang berdiri sendiri, yaitu negara, sedangkan “teia” yang berarti “urusan”.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Pengertian Politik mempunyai makna kepentingan umum warga negara suatu bangsa. Pengertian Politik adalah suatu rangkaian asas, keadaan, prinsip, jalan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dikehendaki. Politics and policy memiliki hubungan yang erat dan timbal balik. “Politics memberi jalan, asas, cara dan arah, sedangkan “Policy” memberikan pertimbangan cara pelaksanaan asas, jalan dan arah yang sebaik-baiknya.

 
Dalam bahasa Inggris, Pengertian Politik ialah suatu rangkaian asas (prinsip), keadaan, cara dan alat yang digunakan untuk mencapai tujuan dan cita-cita tertentu. Sementara itu, “policy” yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai kebijaksanaan adalah penggunaan pertimbangan-pertimbangan yang akan dianggap dapat lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, tujuan dan cita-cita yang dikehendaki. Dalam pengambilan kebijakan biasanya dilakukan oleh seorang pemimpin.
 
Pengertian Politik Secara Umum yaitu menyangkut  proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya. Pelaksanaan dari tujuan tersebut memerlukan kebijakan-kebijakan umum yang menyangkut dalam hal pembagian atau alokasi sumber daya yang ada. Kebijakan umum, pengaturan, pembagian ataupun alokasi sumber daya yang ada memerlukan wewenang dan kekuasaan. Kekuasaan dan wewenang ini memainkan peranan yang sangat penting dalam pembinaan kerja sama dan penyelesaian konflik yang mungkin muncul dalam proses pencapaian tujuan.
 
Politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara, pengambilan keputusan, kesatuan, kebijakan dan ditribusi atau alokasi sumber daya. Sekian pembahasan mengenai apa itu pengertian politik, semoga tulisan saya mengenai pengertian politik dapat bermanfaat.
Sekian dari pembahasan dari pengertian pakar mengenai pengertian politik, semoga tulisan pengertian pakar mengenai pengertian politik dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Apa itu Pengertian Politik :

– UPT MKU UNHAS, 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yang Menerbitkan UNHAS : Makassar.
Gambar Pengertian Politik

Gambar Pengertian Politik

 
Politik : Apa itu Pengertian Politik ? | utsman ali |