Pengertian Pancasila

Loading...
 
Pengertian Pancasila menurut A Gau Kadir adalah hasil perenungan atau pemikiran seseorang atau kelompok orang, yang juga diangkat dari nilai kebudayaan, nilai adat istiadat, nilai tradisi, nilai religius, nilai kepustakaan, yang terdapat pada pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri sebelum membentuk negara.

 
Pancasila bukan berasal dari ide-ide bangsa lain, melainkan penyerapan dari nilai-nilai yang dimiliki bangsa Indonesia sendiri. Kumpulan dari nilai-nilai dari kehidupan lingkungan sendiri dan yang diyakini kebenarannya tersebut, kemudian dapat digunakan untuk mengatur masyarakat, inilah yang dinamakan ideologi. Perwujudan pancasila tercermin dalam kehidupan nyata, baik dalam bidang politik, sosial budaya ekonomi maupun religi.
 
Menurut Noor MS Bakry, Pengertian Pancasila diartikan sebagai ideologi yang bersifat dinamik. Dalam hal ini, diartikan ia menjadi kesatuan prinsip pengarahan yang berkembang dialektik serta terbuka penafsiran baru untuk melihat perspektif masa depan dan aktual antisipatif dalam menghadapi perkembangan dengan memberikan arah dan tujuan yang ingin dicapai dalam melangsungkan hidup dan kehidupan nasional.
 
Bedasarkan pemaparan diatas Noor MS Bakry mengatakan bahwa, pancasila akan selalu mempunyai hal baru yang progresif dalam menghadapi tantangan kehidupan yang makin maju dan kompleks. Dalam beberapa pasal, terkhususnya menyangkut nilai-nilai kemanusiaan dan keadilan, pancasila memberikan masukan yang sangat berarti.

Dalam pancasila memuat kepribadian kemanusiaan yang sangat penting. Kepribadian kemanusiaan tersebut merupakan sifat-sifat hakikat kemanusiaan yang umum, dimana dapat membedakan manusia dengan maanusia lainnya, yaitu ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, keadilan dimana merupakan sifat hakikat manusia. Dari kelima unsur tersebut harus ada dalam diri manusia tersebut, sehingga disebut juga kepribadian kemanusiaan (pribadi manusia). Dalam sebuah negara dibutuhkan landasan (dasar), yang kemudian atas dasar itulah disusun visi, misi dan tujuan negara. Negara tanpa pedoman (dasar) diibaratkan negara tersebut bergerak seperti layangan putus.
 
Pancasila juga dapat dipandang sebagai sebagai ideologi negara kebangsaan Indonesia. Mustafa Rejai mengatakan bahwa ideologi itu tidak pernah mati, yang terjadi adalah emergence (kemunduran) pamor ideologi pancasila seiring meningkatnya liberalisasi dan demokratisasi dunia.
 
Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pancasila menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian pancasila menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber: Buku dalam Penulisan Pengertian Pancasila Menurut Pakar :

– UPT MKU UNHAS, 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Yang Menerbitkan UNHAS : Makassar.

Gambar Pengertian Pancasila Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Pancasila Menurut Para Pakar