. Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia) | Pengertian Pakar
Loading...

Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Pengertian Pakar
 
Macam-macam HAM yaitu Hak atas Pangan, Hak atas Air, Hak atas Perumahan Yang Layak, Hak atas Pendidikan, Hak atas Pekerjaan, Hak atas Kesehatan dan Hak atas Lingkungan Hidup. Selanjutnya di bawah ini akan dibahas mengenai macam-macam HAM.


A.  Hak Atas Pangan

Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya adalah hak atas pangan atau yang biasa disebut hak pangan. George Kent, Guru besar pada Departemen ilmu Politik Universitas mengemukakan bahwa HAM (Hak asasi manusia) atas pangan secara eksplisit diakui sebagai bagian dari hak asasi manusia yang lebih luas untuk standar hidup yang layak.
 
Sebagai HAM, hak atas pangan mencerminkan kebulatan tekad dan pemikiran akan pentingnya ketersediaan pangan untuk manusia. Kemiskinan akan semakin mapan dan sempurna kalau kondisi pangan di sebuah negara mengalami kesulitan yang signifikan. Hak atas pangan melamabangkan kesadaran yang tinggi tentang peningkatan taraf kehidupan masyarakat. Sebagai bagian dari hak dasar manusia, hak atas pangan tidak boleh diabaikan. Hal ini Sama halnya dengan hak hidup, hak atas pangan merupakan hak yang tidak dapat dialihkan dalam kondisi saja.
 
B.  Hak Atas Air
Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya ialah hak atas air. Koffi Annan, Mantan Sekertaris Jendral PBB menegaskan bahwa Akses ke air bersih merupakan kebutuhan mendasar manusia dan itu merupakan HAM (hak asasi manusia). Air yang terkontaminasi membahayakan baik kesehatan fisik dan sosial dari semua orang. Ini merupakan penghinaan terhadap martabat manusia. Tidak saja sebagai dasar bagi kesehatan dan kehidupan, tetapi juga memengaruhi produksi pangan dan totalitas kehidupan manusia.
 
Air bersih menunjang eksistensi kehidupan manusia. Ketersediaan air bersih bagi rakyat merupakan kewajiban pemerintah. Relasi antara hak yang dimiliki rakyat dan kewajiban pemerintah sejatinya membuahkan kualitas menajemen pelayanan publik yang baik. Dengan pelayanan yang baik inilah dimungkinkan hadirnya perlindungan dan pemenuhan hak-hak mendasar rakyat, tidak terkecuali hak atas air.
 
Lebih tegas Komite Hak Ekosob memberikan pandangannya tentang hak atas air sebagai bagian penting dari HAM. Ada tiga aspek sebagai elemen dasar hak atas air yang wajib dipenuhi, yaitu ketersediaan, kualitas dan mudah dicapai termasuk di dalamnya :
1. Mudah dicapai secara fisik
2. Kemampuan pengadaan
3. Nondiskriminasi
4. kemudahan informasi
 
C.  Hak Atas Perumahan yang Layak
Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya yaitu hak atas Perumahan yang Layak. Secara normatif, instrumen internasional memberikan pengakuan yang kuat terhadap eksistensi hak perumahan. Hak perumahan merupakan konstruk terpenting dalam mengokohkan terpenuhinya hak ekonomi, hak sosial dan hak budaya. Hak atas perumahan menandakan upaya nyata bagi terjamin dan terpenuhinya hak hidup yang layak. Dengan kata lain, hak perumahan merupakan unsur esensial yang dapat memperkuat terpenuhinya hak-hak fundamental lainnya, seperti hak pangan, kesehatan dan sebagainya.
 
Hak atas perumahan terkait langsung dengan hak-hak lainnya, seperti halnya tanah, sanitasi air, mata pencaharian dan kota. Pemenuhan hak perumahan yang layak memberikan pengaruh yang besar dalam memperjuangkan terpenuhinya standar kehidupan yang layak. Sebaliknya, pengabaian terhadap hak perumahan merupakan upaya standar mengalienasi manusia dari kebutuhan dasar hidupnuya. Hal ini berimplikasi pada eksistensi kehidupan manusia itu sendiri.
 
D.  Hak Atas Kesehatan
Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya adalah hak atas kesehatan. Dalam konstitusi Indonesia hak atas kesehatan merupakan hak mendasar bagi manusia. Falsafah dasar dari jaminan hak atas kesehatan sebagai HAM merupakan kemartabatan manusia. Hak atas kesehatan termasuk di dalamnya hak persoalan-persoalan spesifik kesehatan, seperti kesehatan lingkungan dan penyakit-penyakit menular. Pasal 12 ICESCR memberikan penegasan otoritatif kepada negara untuk mengambil langkah yang tepat dalam memenuhi hak kesehatan.
 
Kualitas kesehatan masyarakat merupakan tolak ukur keberhasilan pembangunan nasional di Indonesia. Akan tetapi jika pembangunan nasional telah mengebiri dan mengabaikan hak kesehatan masyarakat, secara sistematis pemerintah atau bangsa ini sadar atau tidak sadar telah melakukan pelanggaran HAM anak-anak bangsanya sendiri.
E.  Hak Atas Pendidikan
Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya ialah hak atas pendidikan. Pendidikan yang berkualitas akan serta merta melahirkan kemajuan dan peradaban bangsa. Namun sebaliknya, pendidikan yang buruk akan berimplikasi negatif bagi jalannya roda pemerintahan dan ketersediaan partisipasi publik yang cerdas. Dalam hal ini keberadaan pendidikan sangatlah penting, maka terpenuhinya hak atas pendidikan merupakan hak asasi manusia (HAM).
 
Bagi masyarakat Internasional, pemenuhan hak atas pendidikan menempati posisi paling utama dalam mengokohkan eksistensi diri sebagai manusia. Menurut Syed, hak atas pendidikan merupakan satu kesatuan bangunan sistem hukum HAM internasional. Dalam upaya untuk memajukan hak atas pendidikan, dalam hal ini negara wajib memajukan nilai-nilai HAM dalam kurikulum pendidikan yang selaras dengan konstruk HAM universal.
 
Sebagai HAM, hak atas pendidikan memberikan arti penting bagi upaya pemenuhan HAM secara luas. Hal ini penting artinya bagi upaya pembangunan kesadaran kolektif terhadap pemenuhan hak atas pendidikan. Hak atas pendidikan erat kaitannya dengan hak sipil dan politik serta hak ekonomi, sosial dan budaya. Menurut Coomans, hak atas pendidikan adalah hak yang memberdayakan. Hak atas pendidikan, secara efektif memberikan pengaruh langsung bagi penikmatan dan pemenuhan hak-hak lainnya. Pemenuhan terhadap hak pendidikan merupakan pemenuhan bagi jati diri dan kemartabatan manusia.
 
F.  Hak Atas Pekerjaan
Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya yaitu hak atas pekerjaan. Perlindungan dan pemenuhan hak atas pekerjaan tersebut memberikan arti penting bagi pencapaian standar kehidupan yang layak. Pemerintah memiliki kewajiban untuk merealisasikan hak itu dengan sebaik-baiknya.
 
Hak atas pekerjaan termasuk di dalamnya hak bekerja dan hak mendapatkan jaminan keselamatan kerrja merupakan HAM. Hak itu juga mendapat pengakuan dan jaminan dalam konstitusi Indonesia. Perlindungan dan pemenuhan hak atas pekerjaan dan hak dalam bekerja memberikan pengaruh penting dalam upaya pencapaian standar kehidupan secara layak dan bermartabat.
 
G.  Hak Atas Lingkungan Hidup
Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) salah satunya adalah hak atas lingkungan hidup. Pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup bertujuan untuk menjamin pemenuhan dan perlindungan hak atas lingkungan hidup sebagai bagian dari HAM. Salah satu komitmen untuk melindungi dan memenuhi HAM atas lingkungan hidup yaitu kewajiban pemerintah dan pemerintah daerah untuk menetapkan anggaran berbasis lingkungan hidup. Anggaran berbasis lingkungan hidup ini harus diupayakan mampu membiayai langkah-langkah perlindungan lingkungan hidup, pengelolaan lingkungan hidup dan program pembangunan yang berwawasan lingkungan hidup.
 
Kesadaran akan lingkungan hidup yang bersih dan sehat merupakan hal terpenting dalam suksesnya pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup. Hidup yang kita wariskan kepada generasi mendatang sangat tergantung pada kesadaran dan langkah kita saat ini. Sudah seharusnya pemerintah merevaluasi seluruh kebijakan pembangunan yang berkorelasi positif pada pemajuan dan pemenuhan HAM atas lingkungan hidup.
 
Sekian pembahasan mengenai macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia), semoga tulisan saya mengenai macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Macam-macam HAM (Hak Asasi Manusia) :

– Majda El Muhtaj, 2009. Dimensi-Dimensi HAM : Mengurai Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

Gambar Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia)

 
Macam Macam HAM (Hak Asasi Manusia) | utsman ali |