. Pengertian Efisiensi, Efektivitas, Produktivitas Kerja | Pengertian Pakar
loading...
loading...

Pengertian Efisiensi, Efektivitas, Produktivitas Kerja

Pengertian Pakar
 
Pengertian Efisiensi Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
Pengertian Efisiensi menurut Susilo adalah suatu kondisi atau keadaan, dimana penyelesaian suatu pekerjaan dilaksanakan dengan benar dan dengan penuh kemampuan yang dimiliki.
 
Menurut Lubis, Pengertian Efisiensi adalah suatu proses internal atau sumber daya yang diperlukan oleh organisasi untuk menghasilkan satu satuan output. Oleh sebab itu efisiensi dapat diukur sebagai ratio output terhadap input.
 
Rahardjo Adisasmita mengungkapkan Pengertian Efisiensi merupakan komponen-komponen input yang digunakan seperti waktu, tenaga dan biaya dapat dihitung penggunaannya dan tidak berdampak pada pemborosan atau pengeluaran yang tidak berarti.
 
 
EFEKTIVITAS
Pengertian Efektivitas Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
Pengertian Efektivitas menurut Susilo adalah suatu kondisi atau keadaan, dimana dalam memilih tujuan yang hendak dicapai dan sarana atau peralatan yang digunakan, disertai tujuan yang diinginkan dapat dicapai dengan hasil yang memuaskan.
 
Menurut Gibson, Pengertian Efektivitas ialah hubungan optimal antara produksi, kualitas, efisiensi, fleksibilitas, kepuasan, sifat keunggulan dan pengembangan.
 
Westra Mengemukakan Pengertian Efektivitas merupakan suatu keadaan yang mengandung pengertian mengenai terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki. Kata Efektif diartikan sebagai terjadinya suatu efek atau akibat yang dikehendaki dalam suatu perbuatan yang dilakukan. Setiap pekerjaan yang efisien yang tentu juga berarti efektif, karena dilihat dari segi tujuan, hasil atau akibat yang dikehendaki dengan perbuatan itu telag tercapai bahkan secara maksimal (mutu dan jumlahnya), sebaliknya dilihat dari segi usaha, maka efek yang diharapkan juga telah tercapai. Setiap pekerjaan yang efektif belum tentu efisien, karena hasil dapat tercapai tetapi mungkin dengan penghamburan pikiran, tenaga, waktu, uang atau benda.

Indrawijaya mengatakan bahwa apabila efektivitas individu dapat tercapai, akan memberikan konstribusi pada efektivitas organisasi secara keseluruhan. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa efektivitas organisasi sama dengan prestasi organisasi secara keseluruhan.

 
Wujud dari efisiensi dan efektivitas kerja pada umumnya tercermin pada tingkat produktivitas kerja, yaitu adanya hasil yang dicapai sebanding dengan proses-proses kegiatan yang dilakukan, dimana terdapat ratio antara output dengan input. Meskipun demikian kadang-kadang untuk memperoleh tingkat produktivitas yang memadai, harus mengorbankan banyak sekali variabel-variabel input, dalam arti bahwa mengeluarkan modal yang besar untuk memperoleh kegiatan usaha dapat dikatakan produktif, namun belum tentu efisien.
 
Sekian mengenai pengertian efisiensi, pengertian efektivitas dan pengertian produktivitas kerja, semoga tulisan saya mengenai pengertian efisiensi, pengertian efektivitas dan pengertian produktivitas kerja dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Efisiensi, Pengertian Efektivitas dan Pengertian Produktivitas Kerja :

– Rahardjo Adisasmita, 2011. Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yang Menerbitkan Graha Ilmu : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Efisiensi, Pengertian Efektivitas dan Pengertian Produktivitas Kerja

Gambar Pengertian Efisiensi, Pengertian Efektivitas dan Pengertian Produktivitas Kerja

 
Pengertian Efisiensi, Efektivitas, Produktivitas Kerja | utsman ali |