Pengertian Kebudayaan Menurut Pakar

Loading...
 
Pengertian Kebudayaan Berdasarkan Pendapat Para Pakar, sebagai berikut :
 
Menurut Rolph LintonPengertian Kebudayaan adalah suatu pandangan hidup dari sekumpulan ide-ide dan kebiasaan yang mereka pelajari, mereka miliki, kemudian diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
 
Menurut Pork dan Burgess, Pengertian atau definisi kebudayaan ialah sejumlah totalitas dan organisasi serta warisan sosial yang diterima sebagai sesuatu yang bermakna yang dipengaruhi oleh watak dan sejarah hidup suatu bangsa.
 
Tylor mengemukakan bahwa Pengertian Kebudayaan merupakan keseluruhan yang amat kompleks meliputi ilmu pengetahuan, kepercayaan, seni, hukum, moral, adat istiadat dan berbagai kemampuan serta kebiasaan yang diterima manusia sebagai anggota masyarakat.
 
Pengertian Kebudayaan menurut Turney yaitu pekerjaan dan kesatuan aktivitas sadar manusia yang berfungsi membentuk pola umum dan melangsungkan penemuan-penemuan, baik yang material maupun yang bukan material.
 
Menurut Bidney, Pengertian Kebudayaan adalah suatu proses dinamis dan produk dari pengolahan diri manusia dan lingkungannya untuk pencapaian akhir individu dan masyarakat.
 
 
Dari berbagai pengertian kebudayaan menunjukkan bahwa kebudayaan itu merupakan sesuatu persoalan yang sangat luas. Namun pada dasarnya kebudayaan itu melekat dalam diri manusia. Hal ini berarti bahwa manusialah sebagai pencipta kebudayaan itu. Dari penjelasan diatas, kebudayaan dapat dilihar dari dua sisi yaitu kebudayaan sebagai suatu proses dan kebudayaan sebagai suatu produk.

Secara umum Kebudayaan adalah istilah yang menunjukkan segala hasil karya manusia yang berkaitan erat dengan pengungkapan bentuk. Kebudayaan merupakan wadah, dimana hakikat manusia memperkembangkan dirinya. Antara hakikat manusia dengan pengembangan diri (kebudayaan) tersebut terjalin hubungan yang tidak dapat dipisahkan.

 
Kebudayaan sering dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti tempat, waktu dan juga kondisi masyarakat, sehingga lahirlah suatu bentuk kebudayaan khusus, misalnya kebudayaan islam, kebudayaan barat dan kebudayaan timur. Kebudayaan lahir dari olah akal-budi, jiwa (hati nurani manusia). Bentuk kebudayaan tersebut selalu mencerminkan nilai-nilai kehidupan yang diyakini, yang dirasa dan diharapkan dapat memberi kebaikan dalam hidup manusia. Oleh karena itu kebudayaan yang mencerminkan nilai-nilai kehidupan tersebut juga disebut peradaban. Peradaban atau kebudayaan yang dipengaruhi oleh nilai-nilai ajaran islam disebut kebudayaan atau peradaban islam.
 
Sekian mengenai pengertian kebudayaan, semoga tulisan saya mengenai pengertian kebudayaan dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Kebudayaan Menurut Pendapat Para Pakar :

– Usman Salleang, Abd Rasyid Rahman dkk., 2012. Pengembangan Kepribadian Pendidikan Agama Islam. Penerbit UPT MKU UNHAS.
Gambar Pengertian Kebudayaan Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Kebudayaan Menurut Para Pakar