. Pengertian Manajemen Kesehatan | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Manajemen Kesehatan Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 

Pengertian Manajemen Kesehatan adalah proses untuk mengatur kegiatan-kegiatan atau pelayanan kesehatan masyarakat.

 
Sebagian besar orang mengatakan bahwa proses pengaturan kegiatan untuk mencapai tujuan ini disebut administrasi, maka proses pengaturan kegiatan dan atau pelayanan kesehatan masyarakat disebut administrasi kesehatan masyarakat. Di sini timbul kerancuan, karena proses kegiatan sama, namun istilah berbeda administrasi dan manajemen. Dalam hal ini tidak perlu diperdebatkan mana yang benar manajemen atau administrasi. Menurut Prof Soekidjo Notoatmodjo melihat dari proses atau kegiatannya yang sama, maka kedua hal ini dapat dikatakan sama. Sedangkan pemakaiannya, apakah itu menggunakan manajemen atau administrasi terserah atau tergantung pada selera masing-masing.
 
Banyak ahli yang telah membuat batasan tentang Pengertian Manajemen ini, antara lain :
 
Pengertian Manajemen Menurut Robert D. Terry adalah proses pencapaian tujuan-tujuan yang telah ditentukan dengan menggunakan orang lain.
Menurut Evancevich, Pengertian Manajemen ialah suatu proses yang dilakukan oleh satu orang atau lebih untuk mengkoordinasian kegiatan-kegiatan orang lain untuk mencapai hasil tujuan yang tidak dapat dicapai oleh hanya satu orang saja.
Pengertian Manajemen yaitu membuat tujuan tercapai melalui kegiatan-kegiatan orang lain dan fungsi-fungsinya dapat dipecah sekurang-kurangnya 2 tanggung jawab utama, yakni perencanaan dan pengawasan.
Dalam Encyclopedia of social science, Pengertian Manajemen merupakan proses dimana pelaksanaan dari suatu tujuan diselenggarakan dan diawasi.
 
Dari batasan-batasan tersebut dapat diambil suatu kesimpulan umum bahwa Pengertian Manajemen ialah suatu kegiatan untuk mengatur orang lain guna mencapai tujuan atau menyelesaikan suatu pekerjaan. Apabila batasan ini diterapkan pada bidang kesehatan masyarakat dapat dikatakan sebagai berikut.
Pengertian Manajemen Kesehatan adalah suatu kegiatan atau suatu seni untuk mengatur para petugas kesehatan dan non-petugas kesehatan guna meningkatkan kesehatan masyarakat melalui program kesehatan.
Dengan kata lain manajemen kesehatan masyarakat merupakan penerapan manajemen umum dalam sistem pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga yang menjadi suatu objek atau sasaran manajemen ialah sistem pelayanan kesehatan masyarakat. Sistem ini adalah suatu kesatuan yang utuh dan teradu dimana terdiri dari berbagai elemen (sub-sistem) yang saling berhubungan dalam suatu proses atau struktur dalam upaya menghasilkan sesuatu atau mencapai suatu tujuan tertentu. Oleh karena itu, berbicara tentang sistem pelayanan kesehatan adalah struktur atau gambaran dari sub-sistem dalam suatu unit atau dalam suatu proses untuk mengupayakan pelayanan kesehatan masyarakat baik yang bersifat preventif, kuratif, promotif dan juga rehabilitatif. Sehingga pada sistem pelayanan kesehatan ini dapat berbentuk Puskesmmas, Rumah sakit, Balkesmas dan unit-unit atau organisasi-organisasi lain yang mengupayakan peningkatan dalam hal kesehatan. Dengan demikian, maka manajemen kesehatan masyarakat merupakan proses manajemen di tiap-tiap sub-sistem pelayanan.
 
Sekian mengenai pengertian manajemen kesehatan, semoga tulisan saya mengenai pengertian manajemen kesehatan dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Manajemen Kesehatan :

– Soekidjo Notoatmodjo, 2007. Kesehatan Masyarakat (Ilmu dan Seni). Yang Menerbitkan PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Manajemen Kesehatan

Gambar Pengertian Manajemen Kesehatan

 
Pengertian Manajemen Kesehatan Menurut Pakar | utsman ali |