Pengertian Tata Surya dan 9 Macam Planet

Apa itu Tata Surya dan 9 macam Planet ?

Loading...

Pengertian Tata Surya dan 9 macam Planet

 

| Pengertian Tata Surya | Planet Merkurius | Planet Venus | Planet Bumi | Planet Mars | Planet Jupiter | Planet Saturnus | Planet Uranus | Planet Neptunus | Planet Pluto | Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai pengertian tata surya dan ke 9 macam planet lainnya, seperti planet merkurius, planet venus, planet bumi, planet mars, planet jupiter, planet saturnus, planet uranus, planet neptunus, planet pluto.

Pengertian Tata Surya adalah suatu sistem dengan pusat matahari dikelilingi sembilan planet, ratusan ribu asteroid, puluhan ribu komet, meteroid dan debu antara planet. Tata surya diduga terbentuk 4,6 milyar tahun yang lalu. Sampai sekarang pendapat yang dianut yaitu semua obyek tata surya, materi pembentuk planet berkondensasi dan temperaturnya menurun. Diperlukan beberapa juta tahun  hingga tercapai keadaan seperti yang teramati sekarang.



Di bawah ini akan dijelaskan 9 Macam-macam Planet.

Gambar Planet Merkurius
Gambar Planet Merkurius
| Planet Merkurius |
 
Planet Merkurius ialah planet yang paling kecil dan paling dekat dengan matahari. Pada siang hari suhu planet merkurius dapat mencapai 500-600 derajat kelvin.
Jika bumi membutuhkan waktu satu tahun untuk sekali mengelilingi matahari, maka planet merkurius memerlukan waktu 88 hari saja. Karena letaknya yang terlalu dekat dengan matahari, maka waktu paling baik untuk melihat planet ini yaitu pada saat elongasi paling besar, yaitu pada langit fajar atau sore sesaat sebelum matahari terbit atau tenggelam. Planet merkurius tidak beratmosfer, permukaannya yang berkawah dan berlobang dapat dilihat oleh wahana antariksa.


Gambar Planet Venus
Gambar Planet Venus
| Planet Venus |
 
Planet Venus merupakan planet paling terang ketiga di langit setelah matahari dan bulan. Menurut ukuran  fisik, Planet venus dapat dikatakan saudara kembar planet bumi. Planet venus dikatakan sebagai saudara kembar planet bumi dikarenakan memiliki garis tengah yang hampir sama, planet venus 12.100 Km sedangkan planet bumi 12.756 Km. Massa planet venus 81,4 % dari massa planet bumi, yang berarti kerapatannya lebih rendah.
Perputaran planet venus pada porosnya terbalik dibanding dengan arah edarnya dalam orbit mengelilingi matahari. Perputaran mundur planet venus ini sangat lambat, bahkan yang paling lambat dibanding kecepatan rotasi delapan planet yang lain. Planet venus bergasing pada porosnya satu kali dalam 243 hari bumi. Planet venus mempunyai atmosfer yang tebal, sehingga permukaannya tidak terlihat.
 
Gambar Planet Bumi
Gambar Planet Bumi
| Planet Bumi |
 
Planet bumi adalah planet tempat manusia hidup dan merupakan satu-satunya planet dalam tata surya yang mempunyai penghuni. Setelah wahana antariksa yang membawa kamera berhasil diluncurkan cukup jauh dari planet bumi, dapat diketahui bahwa planet bumi terlihat kebiru-biruan, tidak seterang planet venus karena daya pantulnya lebih rendah dan jaraknya dari matahari lebih jauh. Bentuk-bentuk di permukaan planet bumi tidak sejelas yang terlihat di planet mars, hal ini akibat lebih tebalnya atmosfer dan adanya awan putih yang cemerlang.
Planet bumi mempunyai sebuah satelit alam yang mengelilinginya, yaitu bulan.


Gambar Planet Mars
Gambar Planet Mars
| Planet Mars |
 
Planet mars merupakan planet yang diberi nama sesuai dengan nama dewa perang yunani, hal ini disebabkan karena planet mars memiliki warna merah yang mengingatkan pada warna merah darah. Warna merah pada planet mars diakibatkan oleh oksidasi besi di daerah dekat permukaannya.
Planet mars mempunyai atmosfer yang tipis. Warna permukaan planet mars berubah menurut perubahan musim. Adanya perubahan warna-warni yang bersesuaian dengan musim menimbulkan dugaan adanya kehidupan tingkat rendah, seperti halnya tetumbuhan sederhana. Planet mars memiliki dua satelit, phobos dan deimos yang bentuknya tidak beraturan dan tidak bulat seperti bulan.



Gambar Planet Jupiter
Gambar Planet Jupiter
| Planet Jupiter |
 
Planet Jupiter ialah planet terbesar di dalam tata surya. Planet jupiter mimiliki 16 satelit, empat yang terbesar yaitu lo. europa, ganymede dan callisto. Keempat satelit planet jupiter diberi nama bulan galilean dikarenakan pada saat itu ditemukan oleh Galileo Galilei, seorang astronom dari negara italia.
Bagian terbesar materi planet jupiter berupa gas, bukan padat seperti planet bumi. Planet jupiter hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 jam untuk berotasi. Noda merah besar planet jupiter merupakan corak paling mencolok pada planet ini. Diduga di bawah lapisan angkasa planet jupiter yang tebal terdapat gunung api yang menimbulkan noda merah tersebut.


Gambar Planet Saturnus
Gambar Planet Saturnus
| Planet Saturnus |
Planet saturnus adalah planet yang paling indah. Planet saturnus memiliki cincin yang simetris, yang memperlihatkan keanggunan tak tertandingi. Ada 3 lapis cincin pada planet saturnus yang dipisahkan oleh garis batas cassini. Cincin pada planet saturnus terbentuk dari jutaan partikel lembut yang saling terpisah.
Cincing cemerlang ini diduga berasal dari satelit yang tidak pernah terbentuk, oleh karena letaknya yang terlalu dekat dengan planet saturnus. Gaya ganggu planet saturnus membuat calon satelit itu tidak stabil.
Dalam banyak hal planet saturnus mirip dengan planet jupiter. Angkasa planet saturnus terdiri dari gas metan. Planet saturnus memiliki 14 satelit. Karena jaraknya yang jauh, planet saturnus sangatlah dingin, hanya bisa mencapai 100 derajat kelvin.
 
Gambar Planet Uranus
Gambar Planet Uranus
| Planet Uranus |
 
Planet uranus merupakan nama yang diambil dari nama dewa yunani. Planet uranus memiliki cincin, bahkan sampai 5 lapis, tetapi cincin itu tipis sekali dan sulit diamati. Planet uranus terdiri dari gas metan dan memiliki 15 buah satelit. Waktu rotasi yang diperlukan planet uranus, yaitu hampir 11 jam saja. Suhu angkasanya sangat rendah, yaitu berkisar 90 derajat kelvin.
 
 

 

 
Gambar Planet Neptunus
Gambar Planet Neptunus
| Planet Neptunus |
 
Planet Neptunus ialah planet penggangu orbit planet uranus. Hal ini diketahui selelah melakukan beberapa penelitian tentang menyimpangnya rotasi planet uranus dari yang seharusnya. Para ahli menduga simpangan itu akibat ganguan planet lain diluar uranus. Melalui perhitungan matematik akhirn ya berhasil diketahui letak benda penggangu planet uranus tersebut. Lintasan benda penggangu memperlihatkan bahwa ia adalah sebuah panet, yang kemudian dinamakan planet neptunus. Planet neptunus membutuhkan waktu 165 tahun untuk mengitari matahari. Planet neptunus memiliki dua buah satelit, yaitu antara lain satelit triton dan satelit neroid.
 
Gambar Planet Pluto
Gambar Planet Pluto
| Planet Pluto |
 
Planet pluto adalah planet terakhir yang ditemui dalam tata surya, mempunyai sejarah yang lebih rumit daripada penemuan planet neptunus. Orbit planet uranus masih saja menyimpang dari seharusnya, meskipun pengaruh planet neptunus telah diperhitungkan. Karena itu terus dilakukan perhitungan, sampai disimpulkan bahwa orbit planet uranus ini tergangu oleh planet diluar lintasan planet neptunus. Ternyata pengganggu itu merupakan planet kecil yang diberi nama pluto. Diameter planet pluto hanya setengah diameter planet bumi. Planet pluto berada sangat jauh dari matahari dan membutuhkan waktu 248 tahun untuk sekali mengitari matahari.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian tata surya dan 9 macam planet, semoga tulisan saya mengenai pengertian tata surya dan 9 macam planet dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Tata Surya dan 9 Macam Planet :

Wisni Ariasti, Fajar Dirghantara dan Hakim Luthfi Malasan, 1995. Perjalanan Mengenal Astronomi. Penerbit ITB : Bandung.