. Penyakit Amnesia dan Macam Macam Amnesia | Pengertian Pakar
Loading...

Penyakit Amnesia dan Macam Macam Amnesia

Pengertian Pakar
 
| Penyakit Amnesia |

Penyakit Amnesia adalah penyakit hilangnya akal ingatan, yang bisa berlangsung dalam waktu pendek maupun berlanjut kapanjangan, khususnya hal ini menyangkut ide-ide yang harus diungkapkan dengan kata-kata. Penyakit Amnesia juga bisa berlangsung definitif (sudah pasti, bukan sementara), secara tetap dan hilang untuk selama-lamanya.
 
Penyakit Amnesia bisa sebagian saja yang hilang dari ingatan, akan tetapi bisa juga bersifat total dan tidak dapat diingat kembali. Kadangkala penyakit amnesia itu bisa berlangsung secara periodik atau berkala. Pada peristiwa gegar otak (commotio cerebri) dan cedera pada otak, penyakit amnesia ini sering terjadi.
 
 
| Macam Macam Amnesia |
 
Macam-macam Amnesia, sebagai berikut :

 

1. Penyakit Amnesia Retrograde (Mundur)
Penyakit Amnesia Retrograde yaitu hilangnya ingatan mengenai kejadian dan segenap hal-ihwal yang mendahului suatu kecelakaan. Semua kesan masa lalu sebelum terjadinya kecelakaan, jadi hilang. Hal ini biasanya berlangsung pendek.
 
2. Penyakit Amnesia Anterograde
Penyakit Amnesia Anterograde adalah hilangnya ingatan mengenai peristiwa-peristiwa segera sesudah kecelakaan terjadi, yaitu sesudah terjadi shock, gegar otak atau saat yang membingungkan.
 
3. Penyakit Amnesia Auditorer
Penyakit Amnesia Auditorer ialah ketidakmampuan mengenal kembali kata-kata yang diucapkan orang lain, disebut juga sebagai tuli kata.
 
4. Penyakit Amnesia Retroanterograde
Penyakit Amnesia Retroanterograde yaitu pemutarbalikan ingatan, dimana kejadian-kejadian yang baru berlangsung dikaitkan dengan masa lampau, sedangkan peristiwa-peristiwa yang lama dikaitkan dengan waktu sekarang.
 
5. Penyakit Amnesia Tactile
Penyakit Amnesia Tactile adalah ketidakmampuan mengenal kembali objek-objek melalui rabaan, disebut pula sebagai asterognosis atau astereocognosy.
 
6. Penyakit Amnesia Visual
Penyakit Amnesia Visual merupakan buta kata, yaitu ketidakmampuan mengingat kambali perkataan-perkataan yang tertulis atau rerucapkan atau objek-objek yang pernah dilihat sebelumnya.
 
Sekian pembahasa mengenai penyaki amnesia dan macam-macam amnesia, semoga tulisan saya mengenai penyakit amnesia dan macam-macam amnesia dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Penyakit Amnesia dan Macam-macam Amnesia :

– Kartini Kartono, 2003. Patologi Sosial (Gangguan-Ganguan Kejiwaan). Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Penyakit Amnesia dan Macam Macam Amnesia

Gambar Penyakit Amnesia dan Macam Macam Amnesia

 
Penyakit Amnesia dan Macam Macam Amnesia | utsman ali |