. Pengertian dan Fungsi Motivasi Belajar | Pengertian Pakar
loading...
loading...

Pengertian dan Fungsi Motivasi Belajar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Motivasi Belajar adalah keseluruhan kemampuan dalam menggerakan diri seseorang yang mengakibatkan kegiatan belajar dimana menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar tersebut, sehingga tujuan yang diinginkan oleh individu atau subyek belajar itu bisa tercapai. Dalam belajar, prestasi individu atau seseorang akan lebih baik jika individu tersebut mempunyai dorongan motivasi dari orang tuanya untuk berhasil. Hal ini karena ada kecenderungan bahwa seorang individu yang mempunyai kecerdasan tinggi atau pengetahuan yang tinggi, bisa saja gagal berprestasi diakibatkan karena kurang adanya motivasi dari orang tua mereka.

 
Motivasi dan belajar merupakan dua hal yang saling memengaruhi satu sama lain. Belajar adalah perubahan tingkah laku secara relatif permanen dan secara potensial terjadi sebagai hasil dari praktik atau penguatan yang dilandasi tujuan unutk mencapai tujuan tertentu.
 
Motifasi belajar dapat timbul karena faktor intrinsik (faktor yang berasal dari dalam), berupa hasrat dan keinginan berhasil dan dorongan kebutuhan akan belajar, harapan akan cita-cita. Sedangkan faktor ekstrinsiknya (dari luar) adalah adanya penghargaan, adanya lingkungan belajar yang kondusif dan kegiatan belajar yang menarik. Akan tetapi harus diingat, kedua faktor tersebut disebabkan oleh rangsangan tertentu, sehingga individu atau seseorang berkeinginan untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih giat dan semangat.
 
Hakikat motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung. Hal tersebut mempunyai peranan yang besar dalam keberhasilan seseorang dalam belajar. Indikator motivasi belajar dapat digolongkan sebagai berikut :
(1) adanya hasrat dan adanya keinginan untuk berhasil,
(2) adanya dorongan dan kebutuhan di dalam belajar,
(3) adanya harapan dan cita-cita untuk masa depan,
(4) adanya penghargaan di dalam belajar,
(5) adanya kegiatan yang menarik di dalam belajar,

(6) adanya lingkungan belajar yang kondusif, yang memungkinkan seseorang siswa dapat belajar dengan baik.

| Fungsi Motivasi Belajar |

Motivasi belajar dianggap sangat penting dalam proses belajar dan pembelajaran dilihat dari fungsi, nilai dan manfaatnya. Hal tersebut menjadi acuan bahwa motivasi belajar mendorong timbulnya tingkah laku dan juga mempengaruhi serta dapat mengubah tingkah laku siswa. Dalam hal ini ada tiga fungsi motivasi yaitu:

(1) Motivasi belajar mendorong timbulnya tingkah laku atau perbuatan dalam belajar. Suatu perbuatan akan timbul karena adanya motivasi, Motivasi dalam hal ini sebagai motor penggerak dari setiap kegiatan yang akan dikerjakan.
(2) Motivasi belajar berfungsi sebagai pengarah dalam belajar. Artinya motivasi mengarahkan pada perubahan untuk mencapai yang diinginkan. Motivasi dapat memberikan arah dan kegiatan apa yang harus dikerjakan sesuai dengan rumusan tujuannya.
(3) Motivasi belajar berfungsi sebagai penggerak. Artinya motivasi mengerakkan tingkah laku seseorang dalam belajar. Motivasi belajar juga berfungsi sebagai pendorong usaha dan pencapaian prestasi.

 
Sekian pembahasan mengenai pengertian motivasi belajar dan fungsi motivasi belajar, semoga tulisan saya mengenai pengertian motivasi belajar dan fungsi motivasi belajar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Motivasi Belajar dan Fungsi Motivasi Belajar :

– Hamzam B. Uno, 2011. Teori Motivasi & Pengukurannya (Analisis di Bidang Pendidikan). Penerbit PT Bumi Akasara : Jakarta.
Gambar Pengertian Motivasi Belajar dan Fugsi Motivasi Belajar

Gambar Pengertian Motivasi Belajar dan Fugsi Motivasi Belajar

 
Pengertian dan Fungsi Motivasi Belajar | utsman ali |