.
loading...
Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Pakar, Sebagai berikut :
 
Menurut Profesor Dardji Darmo Diharjo, Pengertian Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi yang didasarkan pada kepribadian dan falsafah kehidupan bangsa Indonesia yang diwujudkan dalam ketentuan-ketentuan UUD 1945.
 
Prof. Notonegoro mengemukakan pengertian demokrasi pancasila, Demokrasi Pancasila ialah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan dan perwakilan serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat di Indonesia.
 
Menurut Kansil, Pengertian Demokrasi Pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan di dalam permusyawaratan dan perwakilan, yang merupakan sila keempat dari Dasar Negara Pancasila seperti yang tercantum dalam alinea ke 4 Pembukaan UUD 1945.
 
Dari pengertian demokrasi pancasila yang diungkapkan para pakar di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Pengertian Demokrasi Pancasila adalah suatu paham demokrasi Indonesia yang didasarkan kepada kepribadian dan gagasan hidup bangsa Indonesia yang dimuat dalam pembukaan UUD 1945.
 
Dalam GBHN Tahun 1978 dan Tahun 1983 telah menetapkan bahwa pembangunan politik diarahkan untuk lebih memantapkan perwujudan demokrasi pancasila. Dalam rangka memantapkan stabilitas politik yang dinamis serta pelaksanaan mekanisme pancasila, maka diperlukan pemantapan kehidupan konstitusional, kehidupan demokrasi dan tegaknya hukum.
 
Demokrasi Pancasila merupakan gagasan atau ide yang ingin diterapkan oleh para pendiri negara Republik Indonesia. Demokrasi Pancasila yang berintikan pada musyawarah untuk mencapai suatu kesepakatan dengan berpaham kekeluargaan dan kegotongroyongan, sehingga memiliki ciri khasnya tersendiri yang membedakannya dengan demokrasi lain.

Berbicara mengenai ciri demokrasi pancasila, ciri khas demokrasi Pancasila antara lain :

(1) Dalam demokrasi pancasila harus bersifat kekeluargaan dan kegotongroyongan yang bernapaskan Ketuhanan Yang Maha Esa.
(2) Dalam demokrasi pancasila harus menghargai hak-hak asasi manusia dan menjamin adanya hak-hak minoritas (kaum menengah ke bawah).
(3) Dalam demokrasi pancasila, pengambilan keputusan sedapat mungkin didasarkan atas musyawarah untuk mencapai keputusan yang mufakat.
(4) Dalam demokrasi pancasila harus bersendikan hukum, rakyat sebagai subjek demokrasi berhak untuk ikut secara efektif untuk menentukan kehidupan bangsa dan negara.
 
 
Dalam demokrasi pancasila terdapat beberapa prinsip, Prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila tersebut sebagai berikut :
 
(1) Prinsip demokrasi pancasila ber-Ketuhanan Yang Maha Esa, maksudnya bahwa demokrasi selalu dijiwai dan didasarkan pada nilai-nilai Ketuhanan.
(2) Prinsip demokrasi pancasila menjunjung tinggi HAM (Hak Asasi Manusia), maksudnya dalam demokrasi Pancasila negara atau pemerintah menghargai dan juga melindungi hak-hak asasi manusia.
(3) Prinsip demokrasi pancasila berkedaulatan rakyat, maksudnya bahwa kepentingan rakyat harus lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi.
(4) Prinsip demokrasi pancasila didukung oleh kecerdasan warga negara, maksudnya di dalam demokrasi pancasila harus didukung oleh warga negara yang mengerti mengenai hak dan kewajibannya serta dapat melakukan peranannya masing-masing dalam demokrasi.
(5) Prinsip demokrasi pancasila menerapkan prinsip pemisahan kekuasaan, maksudnya dalam negara demokrasi harus menganut sistem pemisahan kekuasaan, dimana masing-masing dari lembaga negara memiliki fungsi dan wewenangnya.
(5) Prinsip demokrasi pancasila menjamin berkembangnya otonomi daerah, maksudnya negara menjamin terhadap berkembangnya setiap daerah guna memajukan potensi daerahnya masing-masing dengan didasarkan pada ketentuan yang berlaku.
(6) Prinsip demokrasi pancasila menerapkan konsep negara hukum, maksudnya Negara Indonesia harus didasarkan pada ketentuan hukum, bukan kekuasaan semata, sehingga pada kebijakan maupun tindakan pemerintah yang dilakukan harus berdasarkan pada hukum yang berlaku.
(7) Prinsio demokrasi pancasila menjamin diselenggarakannya peradilan yang bebas, merdeka dan tidak memihak, dalam hal ini dimaksudkan bahwa badan peradilan yang tidak terpengaruh dan tidak dapat dipengaruhi oleh pihak manapun.
(8) Prinsip demokrasi pancasila menumbuhkan kesejahteraan rakyat, prinsip ini dimaksudkan bahwa demokrasi yang dikembangkan bertujuan untuk mewujudkan dan menjamin kesejahteraan rakyat, meningkatkan kualitas hidup rakyat di dalam segala aspek kehidupan baik itu lahir maupun batin.
(9) Prinsip demokrasi pancasila berkeadilan sosial, hal ini dimaksudkan bahwa tujuan akhir upaya pelaksanaan ketatanegaraan ialah pada tercapainya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
 
 
Dalam sistem demokrasi Pancasila terdapat dua asas yang perlu kita ketahui. Kedua Asas demokrasi pancasila tersebut yaitu :
 
(1) Asas Kerakyatan
Salah satu asas demokrasi pancasila adalah asas kerakyatan. Asas kerakyatan yaitu asas kesadaran akan cinta kepada rakyatnya, nasib dan cita-cita rakyat dan juga berjiwa kerakyatan atau kesadaran senasib akan secita-cita dengan rakyat.
(2) Asas Musyawarah
Salah satu asas demokrasi pancasila yaitu asas musyawarah. Yang dimaksud dengan asas musyawarah dalam demokrasi pancasila yaitu asas yang memperhatikan aspirasi dan keinginan dari seluruh rakyat dan melalui forum permusyawaratan dilakukan pembahasan untuk menyatukan pendapat bersama serta untuk mencapai kesepakatan bersama yang dijiwai oleh kasih sayang dan pengorbanan demi tercapainya kebahagiaan bersama.
 
Sekian dulu pembahasan mengenai pengertian demokrasi pancasila, semoga tulisan saya mengenai pengertian demokrasi pacasila dapat bermafaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Pakar :

– C. S. T. Kansil, 1986. Hukum Tata Pemerintahan Indonesia. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta.
Gambar Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Para Pakar

Pengertian Demokrasi Pancasila Menurut Pakar | utsman ali |