. Pengertian Konflik, Sengketa dan Sengketa Internasional | Pengertian Pakar

Pengertian Konflik, Sengketa dan Sengketa Internasional

Pengertian Pakar
Pengertian Konflik menurut para pakar, sebagai berikut :
Menurut Leopod Von WiesePengertian Konflik adalah suatu proses sosial dimana kelompok manusia atau orang perorang yang berusaha untuk memenuhi apa yang menjadi tujuannya tersebut dengan jalan menentang pihak lain disertai dengan kekerasan dan ancaman.
 
Menurut Lewis A Coser, Pengertian Konflik ialah perselisihan mengenai nilai-nilai atau tuntutan-tuntutan yang berkenaan dengan status, kuasa dan sumber kekayaan yang persediaannya terbatas.
 
Duane Ruth-hefelbower mengemukakan Pengertian Konflik, Konflik merupakan kondisi yang terjadi ketika dua pihak atau pun lebih yang menganggap ada perbedaan posisi yang tidak selaras atau sebanding, tidak cukup sumber dan tindakan salah satu pihak menghalangi, mencampuri atau dalam beberapa hal membuat tujuan di pihak lain kurang berhasil.
 
Pengertian Konflik menurut Taquiri dan Davis, Konflik adalah warisan kehidupan sosial yang boleh berlaku di berbagai keadaan akibat berbangkitnya keadaan ketidaksetujuan, kontroversi dan juga pertentangan di antara dua pihak atau lebih secara berterusan.
 
Menurut Minnery, Konflik Organisasi merupakan suatu  interaksi antara dua atau lebih pihak yang satu sama lain saling berhubungan dan saling ketergantungan, namun terpisahkan oleh perbedaan tujuan.
 
Muchlas mengemukakan Pengertian Konflik, Konflik ialah bentuk interaktif yang terjadi pada tingkatan individual, kelompok, interpersonal atau pada tingakatan organisasi. Konflik ini terutama terjadi pada tingkatan individual yang sangat dekat hubungannya dengan stress.
 
Pengertian Konflik menurut Faules, Konflik adalah ekspresi pertikaian antara individu dengan individu yang lain, kelompok dengan kelompok yang lain yang disebabkan karena beberapa alasan. Dalam pangertian konflik ini, pertikaian menunjukkan adanya perbedaan antara dua atau lebih individu yang diekspresikan, diingat dan telah dialami.
 

| Pengertian Sengketa dan Pengertian Sengketa Internasional |

Pengertian Sengketa menurut Jhon Collier adalah perselisihan khusus mengenai fakta, hukum atau kebijakan di mana klaim atau pernyataan dari salah satu pihak bertemu dengan penolakan, gugatan balik atau penolakan oleh orang lain.
 
Menurut Merrils, Pengertian Sengketa ialah ketidaksepahaman mengenai sesuatu.
 
Pengertian Sengketa Internasional adalah sengketa yang bukan secara eksklusif merupakan urusan dalam negeri suatu negara. Dalam hal ini sengketa internasional tidak hanya eksklusif menyangkut hubungan antarnegara saja mengingat subjek-subjek hukum internasional saat ini sudah mengalami perluasaan sedemikian rupa melibatkan banyak aktor non negara.
 
Permasalahan yang disengketakan dalam suatu sengketa internasioanl dapat menyangkut banyak hal. Sengketa di European Union menyangkut kebutuhan integritas politik yang lebih kuat adalah sengketa menyangkut kebijakan. Sengketa perbatasan wilayah adalah sengketa tentang legal right. Disisi lain sengketa juga dapat menyangkut fakta. Di mana posisi kapal Negara A ketika diintersepsi oleh negara B merupakan salah satu contoh sengketa mengenai fakta.
 
 
Apakah Perbedaan antara sengketa dengan konflik ?
 
Disini akan dijelaskan perbedaan antara sengketa dengan konflik melalui contoh kasus.
 
Contoh Sengketa : Sengketa antara Indonesia dengan Malaysia menyangkut kepemilikan atas pulau sipadan ligitan adalah sengketa.
 
Contoh Konflik : perseteruan antara Amerika dengan Iran sejak kejatuhan syah Iran adalah konflik mengingat begitu kompleksnya permasalahan antara kedua negara, karena kompleksnya permasalahan pihak-pihak terkait dan dalam situasi itu umumnya terdapat banyak sengketa yang bersifat spesifik (spesific dispute).
Dengan demikian dapat dikatakan setiap sengketa adalah konflik, tetapi tidak semua konflik dapat dikategorikan sebagai sengketa.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian konflik, pengertian sengketa dan pengertian sengketa internasional, semoga tulisan saya mengenai pengertian konflik, pengertian sengketa dan pengertian sengketa internasional dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Konflik, Pengertian Sengketa dan Pengertian Sengketa Internasional :

– Sefriani, 2011. HUKUM INTERNASIONAL Suatu Pengantar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Pengertian Konflik dan Pengertian Sengketa

Gambar Pengertian Konflik dan Pengertian Sengketa

 
Pengertian Konflik, Sengketa dan Sengketa Internasional | utsman ali |