.
loading...
Pengertian Masyarakat Madani Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Masyarakat Madani Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Menurut Anwar Ibrahim, Pengertian Masyarakat Madani adalah suatu sistem sosial subur berdasarkan prinsip moral yang menajamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kestabilan masyarakat. Inisiatif dari masyarakat dan individu berupa pemikiran, seni, pelaksanaan pemerintah yang didasarkan pada UU dan bukan nafsu ayau keinginan individu. Menurut Ibrahim, masyarakat madani mempunyai ciri-cirinya yang khas : yaitu pada kemajemukan budaya, pada hubungan timbal balik dan terhadap sikap saling memahami dan menghargai.
Ibrahim juga mengatakan bahwa karakter masyarakat madani ini merupakan “guiding ideas“, meminjam istilah Malik Bennabi, dalam melaksanakan ide-ide yang mendasari masyarakat madani, yaitu prinsip moral, keadilan, kesamaan, musyawarah dan demokrasi.
 
Menurut Dewam Rahardjo, Pengertian Masyarakat Madani ialah proses penciptaan peradaban yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama.
 
Menurut Rahardjo, di dalam masyarakat madani warga negaranya bekerja sama membangun ikatan atau hubungan sosial, jaringan produktif dan solidaritas kemanusiaan yang bersifat nonnegara. Rahardjo juga menjelaskan dasar utama dari masyarakat madani adalah persatuan dan integrasi sosial yang didasarkan pada suatu pedoman hidup, penghindaran diri dari konflik dan permusuhan yang menyebabkan perpecahan dan hidup dalam suatu persaudaraan.
 
Azyumardi mengemukakan pengertian masyarakat madani, Masyarakat madani lebih dari sekedar gerakan pro demokrasi, karena ia juga mengacu pada pembentukan masyarakat berkualitas dan ber-tamadun.
 
Menurut Cendikiawan Muslim Nurcholish Madjid mengenai Pengertian Masyarakat Madani, Masyarakat madani berasal dari kata civility, yang mengandung makna toleransi, kesediaan pribadi-pribadi untuk menerima berbagai macam pandangan politik dan tingkah laku sosial.

Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab, dimana menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, yang maju di dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat madani merupakan sebuah masyarakat yang demokratis dimana para anggotanya menyadari akan hak-hak dan kewajibannya di dalam menyuarakan pendapat dan juga mewujudkan kepentingan-kepentingannya. Dalam masyarakat madani pemerintahannya memberikan peluang kepada warga negaranya untuk berkreatifitas. Akan tetapi, masyarakat madani bukan merupakan masyarakat yang sekali jadi, masyarakat madani adalah konsep cair yang dibentuk dari proses sejarah dan perjuangan yang panjang secara terus menerus.

 
Masyarakat di negara-negara maju dapat dikatakan sebagai masyarakat madani jika memenuhi beberapa persyaratan. Persyaratan untuk dapat dikatakan sebagai masyarakat madani, sebagai berikut :
(1) Dapat dikatakan sebagai masyarakat madani jika memiliki pemerintahan yang demokratis), hal ini berarti dipilih dan berkuasa secara demokratis.
(2) Dapat dikatakan sebagai masyarakat madani jika memiliki masyarakat sipil yang menjunjung tinggi nilai-nilai ataupun norma hukum yang hidup di dalam masyarakat.

 

Sekian pembahasan mengenai pengertian masyarakat madani menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian masyarakat mandani menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Masyarakat Madani Menurut Pakar :

– A. Ubaedillah dan Abdul Rozak, 2008. Judul : Pendidikan Kewarganegaraan Edisi Ketiga (Demokrasi, Hak Asasi Manusia dan Masyarakat Madani). Penerbit Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Masyarakat Madani Menurut Para Pakar

 
Pengertian Masyarakat Madani Menurut Pakar | utsman ali |