Pengertian Negara & Bentuk Bentuk Negara

Loading...
 
Pengertian Negara Menurut Pakar, sebagai berikut :
 
Pengertian Negara menurut Robert Mac Iver adalah gabungan antara suatu sistem kelembagaan dengan organisasinya sendiri, sehingga bila membahas tentang negara kita cenderung selalu mengartikan lembaga dari suatu organisasi penyelenggara.
 
Menurut Kranenburg, Pengertian Negara ialah suatu sistem dari tugas-tugas umum dan organisasi, yang diatur dalam usaha untuk mencapai tujuan yang juga menjadi tujuan rakyat yang diliputinya, sehingga harus ada pemerintah yang berdaulat.
 
Thomas Hobbes mengemukakan bahwa Pengertian Negara merupakan suatu tubuh yang dibuat oleh orang banyak beramai-ramai, masing-masing berjanji akan memakainya menjadi alat untuk keamanan dan perlindungan bagi mereka.
 
Herman Finer mengatakan, Pengertian Negara yaitu organisasi kewilayahan yang bergerak di bidang kemasyarakatan dan kepentingan perseorangan dari segenap kehidupan yang multidimensional untuk pengawasan pemerintahan dengan legalitas kekuasaan tertinggi.
 
Pengertian Negara menurut Immannuelt Kant adalah organisasi yang harus ada karena untuk menjamin terlaksananya kepentingan umum, warga negara di lingkungan hukum dalam batas norma yang telah ditetapkan undang-undang sebagai kemauan bersama.
 
Menurut Miriam Budiarjo, Pengertian Negara ialah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat yang berhasil menuntut warganya untuk taat pada peraturan perundungan-undangan melalui penguasaan monopolistis dari kekuasaan yang sah.
 
Sunarko mengemukakan bahwa Pengertian Negara merupakan suatu jenis organisasi masyarakat yang mengandung tiga kriteria yaitu daerah tertentu, warga negara tertentu dan kekuasaan tertentu.
 
Dari pengertian negara di atas, maka dapat disimpulkan bahwasannya Pengertian Negara adalah suatu kelompok persekutuan, alat organisasi kedaerahan & kewilayahan, yang memiliki sistem politik yang melembaga dari rakyat, keluarga, desa dan juga pemerintah yang lebih tinggi. Terdiri dari orang-orang yang kuat memeliki monopoli, kewibawaan, daulat, hukum dan kepemimpinan yang bersifat memaksa sehingga pada akhirnya memperoleh keabsahan dari luar dan dalam negeri. Selanjutnya organisasi ini memeliki kewenangan untuk membuat rakyatnya aman, teratur, tenteram, terkendali di satu pihak dan di lain pihak melayani kesejahteraan dalam rangka mewujudkan cita-cita bersama.
 
 

| Bentuk Bentuk Negara |

Bentuk negara pada dasarnya berbeda dengan bentuk pemerintahan, karena bentuk pemerintahan terdiri dari parlementer, presidensial, campuran dan komunis, sedangkan bentuk negara terdiri dari kerajaan dan republik.

1. Bentuk Negara Kerajaan

Bentuk negara kerajaan dipimpin oleh seorang raja (kaisar) atau ratu (maharani) yang diwariskan secara turun-temurun, jadi apabila seorang calon raja tidak menganal pengaturan politik pemerintahan negara, maka jalannya roda pemerintahan diserahkan pada perdana menteri yang mengepalai kabinet. Dengan demikian antara kepala negara yang dipimpin oleh raja, berbeda pula dengan kepala pemerintahan yang dipilih oleh parlemen. Namun tidak menutup kemungkinan kepala negara dan kepala pemerintahan dipegang langsung oleh satu orang bila mampu. Agar tidak hilangnya kewibawaan ratu atau raja maka pelantikan kepala pemerintahan, maka sudah tentu dengan restu dari raja.
 
2. Bentuk Negara Republik
Bentuk negara republik dipimpin oleh seorang presiden yang dipilih oleh badan tertentu (konstitutif atau legislatif) atau dipilih langsung oleh rakyat dalam suatu pemilihan umum. Apabila negara yang sering berperang maka rakyat begitu saja membiarkan presidennya tanpa berganti, tetapi dalam keadaan damai dan demokrasi presiden dapat dijatuhkan oleh parlemen, tergantung keberadaan konstitusi yang mengaturnya.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian negara dan juga bentuk bentuk negara, semoga tulisan saya mengenai pengertian negara dan juga bentuk bentuk negara dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Negara dan juga Bentuk Bentuk Negara :

– Inu Kencana Syafiie, 2011. Etika Pemerintahan. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.

Gambar Pengertian Negara dan Bentuk Bentuk Negara
Gambar Pengertian Negara dan Bentuk Bentuk Negara