. Pengertian Pemerintah, Pemerintahan dan Ilmu Pemerintahan | Pengertian Pakar

Pengertian Pemerintah, Pemerintahan dan Ilmu Pemerintahan

Pengertian Pakar
 
Pengertian Pemerintah menurut Pakar, sebagai berikut :
 
Pengertian Pemerintah menurut Woodrow Wilson adalah suatu pengorganisasian kekuatan, tidak selalu berhubungan dengan organisasi kekuatan angkatan bersenjata, tetapi dua atau sekelompok orang dari sekian banyak kelompok orang yang dipersiapkan oleh suatu organisasi untuk mewujudkan maksud-maksud bersama mereka, dengan hal-hal yang memberikan keterangan bagi urusan-urusan umum kemasyarakatan.
 
Menurut W. S. Sayre, Pengertian Pemerintah ialah sebagai organisasi dari negara yang memperlihatkan dan menjalankan kekuasaannya.
 
Robert Mac Iver mengemukakan bahwa Pengertian Pemerintah merupakan suatu organisasi dari orang-orang yang mempunyai kekuasaan, bagaimana manusia itu bisa diperintah.
 
Samuel Edwar mengatakan bahwa pemerintah harus mempunyai kegiatan terus-menerus, negara tempat kegiatan itu berlangsung, pejabat yang memerintah dan cara, metode serta sistem dari pemerintah terhadap masyarakat.
 
Dari pengertian pemerintah yang diuraikan di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Pemerintah adalah Suatu organisasi dari orang-orang yang memiliki kekuasaan, yang kemudian atas kekukasaannya tersebut dapat memerintahkan anggota atau masyarakat yang ada di wilayah kekuasaannya.
 
 
Pengertian Pemerintahan Menurut Pakar, sebagai berikut :
 
Pengertian Pemerintahan menurut Apter adalah suatu anggota yang paling umum yang memiliki (a) tanggung jawab tertentu untuk mempertahankan sistem yang mencakupnya itu adalah bagian dan (b) monopoli praktis mengenai kekuasaan paksaaan.
 
Menurut C. F. Strong, Pengertian Pemerintahan dalam arti luas mempunyai kewenangan untuk memelihara kedamaian dan keamanan negara, oleh karena itu pertama harus mempunyai kekuatan militer atau kemampuan untuk mengendalikan angkatan perang, yang kedua yaitu harus mempunyai kekuatan legislatif atau dalam arti pembuatan undang-undang, yang ketiga harus mempunyai kekuatan dalam hal keuangan (finansial) atau kemampuan untuk mencukupi keuangan masyarakat dalam rangka membiayai ongkos keberaaan negara dalam penyelenggaraan peraturan, hal tersebut digunakan dalam rangka penyelenggaraan kepentingan negara.
 
Menurut Islam, Pengertian Pemerintahan merupakan segologan umat yang mengajak kepada kebaikan, mengajak kepada kebenaran, melarang dari buruk, itulah orang yang beruntung.
 
Dari pengertian pemerintahan di atas, maka dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Pemerintahan adalah kelompok orang-orang tertentu yang secara baik dan benar serta indah melakukan sesuatu (eksekusi) atau tidak melakukan sesuatu dalam mengkoordinasikan, memimpin dan hubungan antara dirinya dengan masyarakat, antara departemen serta unit dalam tubuh pemerintahan itu sendiri.

Pengertian Ilmu Pemerintahan Menurut Pakar, sebagai berikut :

 
Pengertian Ilmu Pemerintahan menurut H. A. Brasz adalah ilmu yang mempelajari tentang cara bagaimana lembaga pemerintahan umum itu disusun dan difungsikan baik secara ke dalam maupun ke luar terhadap warganya.
 
Menurut D. G. A. Van Poelje, Pengertian Ilmu Pemerintahan ialah mengajarkan bagaimana dinas umum disusun dan dipimpin dengan sebaik-baiknya.
 
U. Rosenthal mengemukakan bahwa Pengertian Ilmu Pemerintahan merupakan ilmu yang menggeluti studi tentang penunjukkan cara kerja ke dalam dan ke luar struktur dan proses pemerintahan umum.
 
Taliziduhu Ndraha mengatakan Pengertian Ilmu Pemerintahan yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana memenuhi dan melindungi kebutuhan dan tuntutan tiap orang akan jasa publik dan layanan sipil dalam hubungan pemerintahan (sehingga dapat diterima) pada saat dibutuhkan oleh yang bersangkutan.
 
Pengertian Ilmu Pemerintahan menurut Musanaf adalah suatu ilmu yang dapat menguasai dan memimpin serta menyelidiki unsur-unsur dinas, berhubungan dengan keserasian ke dalam dan hubungan antara dinas-dinas itu dengan masyarakat yang kepentingannya diwakili oleh dinas itu.
 
Menurut Mac Iver, Pengertian Ilmu Pemerintahan ialah sebuah ilmu tentang bagaimana manusia-manusia dapat diperintah.
 
Dari pengertian ilmu pemerintah di atas, maka dapat disimpuLkan bahwa Pengertian Ilmu Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana melaksanakan koordinasi dan kemampuan memimpin bidang legislasi, yudikasi dan juga eksekusi dalam hubungan pusat dengan daerah antar-lembaga serta antara yang memerintah dengan gejala pemerintahan. Dalam hal ini pemerintah melakukan kebijakan dalam pelayanan kepada masyarakat dan mengantisipasi dekadensi moral dengan kekuasaan negara yang dimilikinya.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian pemerintah, pengertian pemerintahan dan pengertian ilmu pemerintahan, semoga tulisan saya mengenai pengertian pemerintah, pengertian pemerintahan dan pengertian ilmu pemerintahan dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Pemerintah, Pengertian Pemerintahan dan Pengertian Ilmu Pemerintahan :

– Inu Kencana Syafiie, 2011. Etika Pemerintahan. Penerbit PT Rineka Cipta : Jakarta.
Gambar Pengertian Pemerintah, Pengertian Pemerintahan dan Pengertian Ilmu Pemerintahan

Gambar Pengertian Pemerintah, Pengertian Pemerintahan dan Pengertian Ilmu Pemerintahan

 
Pengertian Pemerintah, Pemerintahan dan Ilmu Pemerintahan | utsman ali |