Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Pakar

Loading...
 
Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
 
Pengertian Sosialisasi Politik menurut David Easten dan Jack Dennis, Sosialisasi Politik adalah suatu proses perkembangan seseorang untuk mendapatkan orientasi-orientasi politik dan pola-pola tingkah laku.
 
Menurut Fred I. Greenstein, Pengertian Sosialisasi Politik ialah penanaman informasi politik yang sengaja, nilai-nilai dan praktek-praktek yang oleh badan instruksional secara formal ditugaskan untuk tanggung jawab ini; dan semua usahanya mempelajari politik baik formal maupun informal, disengaja ataupun tidak terencana, pada setiap tahap siklus kehidupan manusia dan termasuk di dalamnya tidak hanya secara eksplisit masalah belajar politik saja, tetapi juga secara nominal belajar sikap non politik mengenai karakteristik-karakteristik kepribadian yang bersangkutan.
 
R.S. Signal mengemukakan pengertian sosialisasi politik, Sosialisasi Politik merupakan proses belajar yang terkait dengan norma politik yang dapat dialihkan dari suatu generasi ke generasi berikutnya untuk menerima suatu sistem politik yang sedang berlangsung.
 
Pengertian Sosialisasi Politik menurut Robinson, Sosialisasi Politik adalah proses perubahan perilaku yang berhubungan erat dengan proses belajar. Dalam proses ini terjadi penyetaraan pemahaman terhadap segala peristiwa politik.
 
 
Dari pengertian sosialisasi politik yang diungkapkan para pakar di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Sosialisasi Politik adalah suatu proses transformasi nilai-nilai yang didahului pembentukan sikap perilaku melalui proses belajar.
 
Sosialisasi politik merupakan suatu proses terhadap pembentukan sikap perilaku dengan cara menyertakan simbol-simbol nilai perilaku dan nilai-nilai dasar yang mempedomani pelaku-pelaku politik pada saat ini dengan simbol-simbol perilaku sebagai penerus dimasa akan datang.
 
Sosialisasi politik merupakan konsep strategis yang sangat mendasar, karena berkaitan dengan kelangsungan hidup negara dengan seluruh aspek yang terkandung di dalamnya. Sosialisasi politik merupakan proses pembentukan kesadaran yang sangat mendalam yang menembus sentra nilai-nilai kemanusiaan yaitu nurani manusia. Dalam proses ini maka komunikasi sebagai mata rantai yang akan menghubungkan antara ruang dan waktu yang berbeda. Transformasi simbol-simbol saat sekarang ke masa depan harus dapat menginterprestasikan berbagai kemungkinan yang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku politik para generasi penerus.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian sosialisasi politik menurut pakar, semoga tulisa saya mengenai pengertian sosialisasi politik menurut pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Pakar :

– Rochhajat Harun dan Sumarno AP, 2006. Judul Buku : Komunikasi Politik sebagai Suatu Pengantar. Penerbit CV Mandar Maju : Bandung.
Gambar Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Sosialisasi Politik Menurut Para Pakar