. Pengertian, Tujuan dan Fungsi Negara | Pengertian Pakar

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Negara

Pengertian Pakar
 
Pengertian Negara menurut pandangan Harold J. Laski, Negara adalah suatu masyarakat yang diintegrasian karena mempunyai wewenang yang bersifat mamaksa dan yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok yang merupakan bagian masyarakat itu.
 
Menurut Rogert H. Soltau, Pengertian Negara ialah alat atau wewenang yang mengatur atau mengendalikan persoalan-persoalan bersama atas nama masyarakat.
 
Max Weber mengemukakan pengertian negara, Negara yaitu suatu masyarakat yang mempunyai monopoli dalam penggunaan kekerasan fisik secara sah dalam suatu wilayah.
 
Pengertian Negara menurut pandangan Robert M. Maclver, Negara merupakan asosiasi yang menyelenggarakan penertiban di dalam suatu masyarakat dalam suatu wilayah dengan berdasarkan sistem hukum yang diselenggarakan oleh suatu pemerintah yang untuk maksud tersebut diberikan kekuasaan memaksa.
 

Dari pengertian negara yang diungkapkan para pakar di atas, maka dapat disimpulkan mengenai Pengertian Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warga negaranya ketaatan pada peraturan perundang-undangannya melalui penguasaan monopolitis dari kekuasaan yang sah.

| Tujuan Negara |

Negara dapat dipandang sebagai asosiasi yang hidup dan bekerjasama dan mengejar beberapa tujuan negara. Dapat dikatakan bahwa tujuan terakhir setiap negara ialah menciptakan kebahagiaan bagi rakyatnya.
 

Tujuan Negara menurut Rogert H. Sultay, tujuan suatu negara adalah memungkinkan rakyatnya untuk berkembang serta menyelenggarakan daya ciptanya sebebas mungkin.

Menurut Harold  J. Laski, tujuan negara ialah menciptakan keadaan dimana rakyatnya dapat mencapai terkabulnya keinginan-keinginan secara maksimal.

 
Tujuan Negara Indonesia terdapat di dalam pembahasan Undang-undang Dasar 1945, Tujuan Negara Indonesia adalah untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdasakan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang didasarkan pada kemerdekaan, perdamaan abadi dan keadilan sosial.
 
Tujuan Negara yang berhaluan Marxisme-Leninisme untuk membangun masyarakat komunis, sehingga bonum publicum selalu diartikan sebagai suatu rangka tercapainya masyarakat komunis. Pengartian tersebut mempengaruhi fungsi fungsi negara di bidang keadilan dan kesejahteraan. Dalam hal ini negara dianggap sebagai alat untuk mencapai komunisme dalam arti bahwa segala alat kekuasaannya harus dikerahkan untuk mencapai tujuan itu.
 

| Fungsi Negara |

Fungsi Negara menurut Carles E. Merriam, Beliau menyebutkan lima fungsi negara yaitu : (1) ketertiban intern, (2) keamanan ekstern, (3) keadilan, (4) kesejahteraan umum dan (5) kebebasan.
 
Fungsi Negara dibidang kesejahteraan dan keadilan (termasuk Hak Asasi Manusia sebagai warga negara) terutama ditekankan pada aspek kolektifnya dan sering mengorbankan aspek perorangannya. akan tetapi terlepas dari ideologinya, fungsi negara yang mutlak perlu yaitu :
 
(1) fungsi negara melaksanakan ketertiban unutk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan-bentrokan dalam masyarakat, maka negara harus melaksanakan penertiban dan dapat dikatakan bahwa negara bertindak sebagai stabilisator.
(2) fungsi negara mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. Pada masa ini, fungsi ini dianggap sangat penting terutama bagi negara-negara yang baru berdiri. Pandangan ini di Indonesia tercermin dalam usaha pemerintah untuk membangun melalui suatu rentetan repelita.
(3) fungsi negara sebagai pertahanan, fungsi negara ini diperlukan untuk menjaga kemungkinan serangan dari luar. Untuk itu, maka negara dilengkapi dengan alat pertahanan.
(4) fungsi negara menegakkan keadilan, fungsi negara ini dilaksanakan melalui badan-badan pengadilan.
 
Keseluruhan fungsi negara di atas diselenggarakan oleh pemerintah untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Sekian pembahasan mengenai pengertian negara, tujuan negara dan fungsi negara, semoga tulisan saya mengenai pengertian negara, tujuan negara dan fungsi negara dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Negara, Tujuan Negara dan Fungsi Negara :

– A. Ubaidillah, Abdul Rozak dkk, 2000. Pendidikan Kewarganegaraan (Demokrasi, HAM & Masyarakat Madani). Penerbit IAIN Jakarta Press : Jakarta.
Gambar Pengertian Negara, Tujuan Negara dan Fungsi Negara

Gambar Pengertian Negara, Tujuan Negara dan Fungsi Negara

 
Pengertian, Tujuan dan Fungsi Negara | utsman ali |