. Ilmu Politik adalah ? | Pengertian Pakar

Ilmu Politik adalah ?

Pengertian Pakar
 
Pengertian ilmu Politik menurut para pakar, sebagai berikut :
 
Pengertian Ilmu Politik menurut J.K. Bluntschli adalah ilmu yang berkaitan dengan sifat hakikat negara dalam berbagai bentuk, penerapan dan perkembangannya.
 
Menurut Wilbur White, Pengertian Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari susunan, bentuk dan proses dari negara dan pemerintahan.
 
G.A. Jacobsen dan M.H. Lipman mengemukakan pengertian ilmu politik, Ilmu Politik merupakan cabang dari ilmu negara yang objektif dalam mengumpulkan dan mengklasifikasikan fakta tentang negara dan belajar merupakan tujuan utama dari cabang ini.
 
Raymond Aron mengatakan Ilmu Politik yang pertama, ia mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan pemerintah dan masyarakat, yaitu hubungan antara individu dan pejabat kelompok. Dalam arti lain ilmu politik yaitu piramida kekuasaan yang berkembang dalam semua lapisan masyarakat. Dalam arti ketiga, ilmu politik jauh mempelajari masyarakat secara keseluruhan dari sudut pandang khusus dari organisasi dan berfungsi lembaga pemerintah.
 
Menurut R.G. Gettel, Pengertian Ilmu Politik adalah ilmu negara yang berkaitan dengan asosiasi manusia dalam membentuk unit politik, dengan organisasi pemerintah mereka dan dengan kegiatan pemerintah tersebut dalam membuat dan mengelola hukum, serta hubungannya. Topik utama dalam pengkajiannya adalah negara , pemerintah dan hukum.
 
Pengertian Ilmu Politik menurut Ossip K. Flectheim, Ilmu Politik ialah ilmu tentang kekuasaan politik dan tujuan politik dalam interaksi dan saling ketergantungan mereka.
 
Harolf D. Lasswel dan Abraham Kaplan mengatakan bahwa ilmu politik sebagai salah satu ilmu yang mempelajari kebijakan, dimana pengaruh dan kekuasaan sebagai alat integrasi. Ilmu politik secara umum berkaitan dengan kekuasaan dan segala bentuknya yang terjadi.
 
Pengertian Ilmu Politik menurut Kogekar, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari tentang organisasi masyarakat dalam arti luas, termasuk semua organisasi, keluarga, serikat buruh dan negara, dengan referensi khusus untuk salah satu aspek dari perilaku manusia dalam pelaksanaan kontrol dan ketaatan.
 
W.A. Robson mengemukakan pendapatnya mengenai ilmu politik, Ilmu politik merupakan kekuatan dalam masyarakat terutama yang menyangkut alam, dasar, proses, ruang lingkup dan hasil. Selain itu, studi kekuasaan tersebut mengambil ilmuwan politik dari luar organ pemerintah untuk pemeriksaan lembaga lain seperti serikat buruh , gereja, asosiasi perdagangan, perusahaan bisnis yang besar dan sejenisnya.
 

Menurut Rodee, Anderson dan Christol ilmu politik juga termasuk “politik” (kekuatan) perilaku atau dengan kelompok, organisasi, dan lembaga-lembaga yang lebih atau kurang jelas dari negara tetapi berusaha untuk mempengaruhi kebijakan publik dan arah perubahan sosial.

 
Ilmu politik memusatkan perhatiannya pada masalah kekuasaan dalam kehidupan bersama atau masyarakat. Ilmu politik sebagai suatu ilmu pengetahuan kemasyarakatan mempelajari masalah kekuasaan di dalam masyarakat, sifat-hakikatnya, proses kelangsungannya, dasar landasannya, luas lingkungannya serta akibat yang ditimbulkannya. Kekuasaan, sebagai konsep fundamental dari ilmu politik, tidaklah semata-mata identik dengan kekuatan memaksa.
 
Aristoteles mengatakan politik adalah hakikat keberadaan manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Jika dua orang atau lebih berinteraksi satu sama lain atau dalam menjalani kehidupan di dunia, maka hubungan tersebut tidak lepas dari hubungan yang bersifat politik.
 
Sekian mengenai pengertian ilmu politik, semoga tulisan saya mengenai pengertian ilmu politik dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Ilmu Politik :

– T. May Rudy, 2003. Pengantar Ilmu Politik (Wawasan Pemikiran dan Kegunaannya). Penerbit PT Refika Aditama : Bandung.
Gambar Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Ilmu Politik Menurut Para Pakar

 
Ilmu Politik adalah ? | utsman ali |