Manfaat Kewirausahaan Menurut Thomas W. Zimmerer

Loading...
 

Thomas W Zimmerer merumuskan manfaat kewirausahaan sebagai berikut : 

Manfaat kewirausahaan yang pertama adalah untuk memberi peluang dan kebebasan untuk mengendalikan nasib sensidiri. Dengan memiliki usaha sendiri akan memberikan kebebasan dan peluang bagi pebisnis untuk mencapai tujuan hidupnya. Pebisnis akan berusaha memenangkan hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk memanfaatkan bisnis untuk mewujudkan cita-cita mereka.
 
Manfaat kewirausahaan yang kedua ialah untuk memberi peluang melakukan perubahan. Semakin banyak pebisnis yang memulai usahanya karena mereka dapat menangkap peluang untuk melakukan berbagai perubahan yang menurut mereka sangat penting. Mungkin dalam hal penyediaan perumahan yang sederhana, sehat dan layak pakai untuk keluarga atau mendirikan program daur ulang limbah untuk melestarikan sumber daya alam yang terbatas. Pebisnis menemukan cara bagaimana mengombinasikan wujud kepedulian mereka terhadap berbagai masalah sosial dan masalah ekonomi dengan harapan akan menjalani kehidupan yang lebih baik.
 
Manfaat kewirausahaan yang ketiga yaitu memberi peluang untuk mencapai potensi diri sepenuhnya. Banyak sekali yang menyadari bahwa bekerja di suatu perusahaan kadang membosankan, kurang menantang dan tidak ada daya tarik. Hal ini tentu tidak berlaku bagi wirausaha. Bagi mereka tidak banyak perbedaan antara bekerja dan menyalurkan hobi atau bermain, baik keduanya sama saja. Bisnis-bisnis yang mereka miliki merupakan alat aktualisasi diri. Keberhasilan yang mereka dapat merupakan sesuatu yang ditentukan oleh kreativitas, inovasi, sikap antusias dan visi mereka sendiri. Seseorang yang memiliki usaha atau perusahaan sendiri pada dasarnya memberikan kekuasaan kepadanya, kebangkitan spiritual dan membuat dia mampu mengikuti minat atau hobinya sendiri.
Manfaat kewirausahaan yang keempat adalah memiliki peluang untuk meraih keuntungan seoptimal mungkin. Walaupun pada tahap awal uang bukan daya tarik utama bagi wirausaha, namun keuntungan yang didapat dari berwirausaha merupakan sumber motivasi yang penting bagi seseorang untuk membuat usaha sendiri. Kebanyakan dari para pebisnis tidak memiliki keinginan untuk menjadi kaya raya, tetapi banyak diantara mereka yang memang menjadi berkecukupan. Hampir 75 persen yang termasuk dalam daftar orang terkaya majalah Forbes merupakan wirausaha generasi yang pertama. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Thomas Stanley dan William Danko, orang yang memiliki perusahaan sendiri dapat mencapai dua pertiga dari jutawan Amerika Serikat. Lebih lanjut Thomas dan William mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki usaha sendiri empat kali lebih besar peluangnya untuk menjadi jutawan daripada orang-orang yang bekerja untuk orang lain atau menjadi karyawan perusahaan lain.
 
Manfaat kewirausahaan yang kelima ialah memiliki peluang untuk berperan aktif dalam masyarakat dan mendapatkan pengakuan atas usahanya. Pengusaha kecil atau pemilik usaha kecil seringkali merupakan warga masyarakat yang paling dihormati dan paling dipercaya. Ciri dari pengusaha kecil ialah kesepakatan bisnis berdasarkan kepercayaan dan saling menghormati. Pemilik usaha menyukai kepercayaan dan pengakuan yang diterima dari pelanggan yang telah mereka layani dengan setia selama bertahun-tahun. Peran  yang dimainkan dalam sistem bisnis di lingkungan setempat serta kesadaran bahwa kerja memiliki dampak nyata dalam melancarkan fungsi sosial dan ekonomi nasional merupakan imbalan bagi manajer perusahaan kecil.
 
Manfaat kewirausahaan yang terakhir yaitu memiliki peluang untuk melakukan seseuatu yang disukai dan menumbuhkan rasa senang dalam mengerjakannya. Hal yan dirasakan oleh pengusaha kecil atau pemilik perusahaan kecil, bahwa kegiatan usaha mereka sesungguhnya bagi mereka bukanlah kerja. Kebanyakan dari para wirausaha yang berhasil, mereka memilih untuk masuk dalam bisnis tertentu karena mereka tertarik dan menyukai bisnis tersebut. Jadi pada intinya mereka menyalurkan hobi atau kegemaran mereka menjadi pekerjaan, sehingga mereka senang melakukannya. Wirausaha seharusnya mengikuti nasihat Harvey McKey. Menurut Harvey carilah dan dirikan usaha yang anda sukai dan anda tidak akan pernah merasa terpaksa harus bekerja sehari saja dalam kehidupan anda.
 
Hal yang menjadi penghargaan terbesar bagi pebisnis atau wirausaha bukanlah tujuannya, melainkan lebih kepada proses atau perjalanannya. Billi PS Lim mengatakan bahwa janganlah menilai orang yang mencoba dan gagal, akan tetapi nilailah orang-orang yang gagal mencoba atau berusaha.
 
Dengan beberapa manfaat kewirausahaan diatas, jelas bahwa dengan menjadi usahawan maka seseorang lebih memiliki berbagai kebebasan yang tidak mungkin diperoleh seseorang yang menjadi karyawan atau menjadi orang gajian atau menjadi buruh bagi orang lain atau menjadi pesuruh pengusaha lain atau menjadi pekerja bagi para pemilik perusahaan.
 
Sekian pembahasan mengenai manfaat kewirausahaan menurut Thomas, semoga tulisan saya mengenai manfaat kewirausahaan dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Manfaat Kewirausahaan Menurut Thomas W Zimmerer :

– PO Abas Sunarya, Sudaryono dan Asep Saefullah, 2011. Judul : KEWIRAUSAHAAN. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Manfaat Kewirausahaan Menurut Thomas
Gambar Manfaat Kewirausahaan Menurut Thomas