. Pengertian dan Fungsi Partai Politik | Pengertian Pakar

Pengertian dan Fungsi Partai Politik

Pengertian Pakar
 

Pengertian Partai Politik menurut Sigaun Neuman, Partai Politik adalah organisasi artikulasi yang terdiri dari pelaku politik yang aktif dalam masyarakat yaitu mereka yang memusatkan pada pengendalian kekuasaan pemerintah yang bersaing untuk mendapatkan dukungan rakyat dengan kelompok lain yang mempunyai pandangan yang berbeda-beda.

 
Menurut Miriam Budiarjo, Pengertian Partai Politik adalah suatu kelompok yang terorganisasi dimana anggota-anggotanya mempunyai orientasi nilai-nilai dan cita-cita yang sama. Tujuan dari kelompok ini yaitu untuk memperoleh kekuasaan politik (biasanya) dengan cara konstitusional untuk melaksanakan kebijaksanan mereka.
 
Sri Sumantri mengemukakan pengertian partai politik, Partai Politik ialah organisasi penggolonagn di dalam masyarakat berdasarkan kesamaan kehendak untuk memperjuangkan cita-cita politik sesuai dengan aliran kemasyarakatan dalam rangka penyempurnaan tata hidup dalam masyarakat.
 
Partai politik merupakan kelompok individu yang memiliki simbol-simbol pribadi yang sama. Simbol-simbol tersebut diaktualisasikan melalui simbol-simbol yang dikonstruksikan ke dalam simbol-simbol kekuasaan. Kehadiran partai politik sebagai cerminan bahwa hak hak asasi manusia mendapat tempat terhormat, terutama hak berkomunikasi yaitu hak menyatakan pendapat, ide atau gagasan bersarkan nilai-nilai yang dimiliki oleh kelompok.
 

| Fungsi Partai Politik |

Berbicara mengenai fungsi partai politik, maka Fungsi partai politik dalam negara demokrasi, sebagai berikut :
(1) Fungsi partai politik sebagai sarana komunikasi politik, proses komunikai berlangsung bersifat dua arah artinya bahwa komunikasi berlangsung dari atas ke bawah melalui jalur formal dari bawah ke atas yang berupa feedback, respons.
(2) Fungsi partai politik sebagai jembatan yang menghubungkan antara mereka yang memerintah dengan mereka yang diperintah dalam posisi sebagai komunikan atau sebagai komunikator infrastruktur.
 
Fungsi partai politik sebagai jembatan merupakan fungsi yang sangat penting, karena di satu pihak kebijaksanaan pemerintah perlu dijelaskan kepada seluruh lapisan masyarakat dan di pihak lain pemerintah harus tanggap terhadap tuntutan masyarakat.
Fungsi partai politik lainnya yaitu sebagai sarana rekruitmen. Fungsi partai politik ini adalah untuk mencari anggota baru agar dapat berperan serta dalam proses politik. Dengan fungsi rekruitmen ini membuka kesempatan bagi warga negara untuk turut aktif dalam bidang politik. Adanya rekruitmen dapat menjamin keberadaan dan kelangsungan hdup partai sekaligus merupakan salah satu cara untuk menyeleksi calon-calon pemimpin.
 
Fungsi partai politik yang terakhir yaitu sebagai pengatur konflik dalam masyarakat majemuk atau masyarakat pluralis, maka kecenderungan ke arah konflik sangat memungkinkan. Pada kondisi semacam ini maka fungsi partai politik sedikitnya meminimalkan kecenderungan tersebut melalui aktivitas partai atau melalui rekruitmen untuk menjadi anggora partai.
 
Dari uraian di atas memberi petunjuk bahwa kehadiran partai politik sebagai lembaga infrastruktur merupakan lembaga yang dapat mewarnai tatanan politik dan pengurusan berlangsungnya proses komunikai politik, terutama dalam memformulasikan simbol-simbol yang ada pada masyarakat sebagai input bagi elit suprastruktur.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian partai politik dan fungsi partai politik, semoga tulisan saya mengenai pengertian partai politik dan fungsi partai politik dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Partai Politik dan Fungsi Partai Politik :

– Rochhajat Harun dan Sumarno AP, 2006. Judul : Komunikasi Politik sebagai Suatu Pengantar. Penerbit CV Mandar Maju : Bandung.
Gambar Pengertian Partai Politik dan Fungsi Partai Politik

Gambar Pengertian Partai Politik dan Fungsi Partai Politik

 
Pengertian dan Fungsi Partai Politik | utsman ali |