. Pengertian dan Macam-Macam Energi | Pengertian Pakar
loading...
loading...

Pengertian dan Macam-Macam Energi

Pengertian Pakar
 
Pengertian Energi Menurut Einstein adalah produk dari massa dan kuadrat kecepatan cahaya. Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak, dimana sulit untuk dibuktikan tetapi dapat dirasakan adanya. Energi adalah suatu kemampuan untuk melakukan kerja (energy is the capacity for doing work).

 
Dalam Hukum Termodinamika pertama, energi itu bersifat kekal. Energi tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan, tetapi dapat dikonversi atau diubah dari bentuk energi yang satu ke bentuk energi yang lain. Contoh perubahan energi atau konversi energi : Bahan bakar bensin yang merupakan energi kimia berbentuk cair dimasukkan ke dalam tangki bensin motor. Kemudian sistem pembakaran terjadi di dalam mesin motor terhadap bensin, bensin yang semulanya adalah energi kimia dikonversi menjadi energi gerak oleh mesin motor.
 
| Macam Macam Energi | Secara umum energi dapat dikategorikan menjadi berbagai macam, yaitu :
 
1. Energi Mekanik
Energi Mekanik merupakan salah satu dari macam-macam energi. Bentuk transisi dari energi mekanik adalah kerja. Energi mekanik yang tersimpan ialah energi potensial atau energi kinetik.

 

2. Energi Listrik
Pengertian Energi listrik adalah energi yang berkaitan dengan akumulasi arus elektron, yang biasanya dinyatakan dalam Watt-jam atau kilo Watt-jam. Energi listrik merupakan salah satu dari macam-macam energi yang bentuk transisinya berupa aliran elektron melalui konduktor jenis tertentu. Energi listrik ini dapat disimpan sebagai energi medan elektrostatis yang merupakan energi yang berkaitan dengan medan listrik yang dihasilkan oleh terakamulasi muatan elektron pada pelat-pelat kapasitor. Energi medan listrik sama dengan energi medan elektromagnetis, serta sama dengan energi yang berkaitan dengan medan magnet yang timbul akibat aliran elektron melalui kumparan induksi.
3. Energi Elektromagnetik
Pengertian Energi Elektromagnetik adalah bentuk energi yang berkaitan dengan radiasi elektromagnetik. Energi radiasi ini kemudian dinyatakan dalam satuan energi yang sangat kecil, yaitu elektron volt (eV) atau bisa juga mega elektrovolt (MeV) yang digunakan dalam evaluasi energi nuklir. Energi elektromagnetik ini merupakan salah satu dari macam-macam energi.
Radiasi elektromagnetik adalah bentuk energi murni dan tidak berkaitan dengan massa. Energi transmisi yang bergerak dengan kecepatan cahaya merupakan radiasi ini. Energi transmisi lebih besar atau semakin energetik apabila panjang gelombangnya sangat pendek dan frekuensinya lebih tinggi. Sumber radiasi atau panjang gelombang radiasi elektromagnetik dibagi atas beberapa kelas di mana radiasi gamma merupakan jenis radiasi yang paling energik dari energi elektromagnetik.
Radiasi termal adalah radiasi elektromagnetik yang timbul akibat getaran atom. Energi elektromagnetik ini sangat besar dalam kelompoknya, termasuk radiasi ultraviolet atau radiasi temperatur tinggi, kelompok kecil radiasi tembus pandang dan sekelompok radiasi temperatur rendah atau sinar inframerah (infrared).
Radiasi gelombang milimeter dan gelombang mikro adalah bentuk energi berikutnya dari jenis radiasi elektromagnetik, digunakan untuk radar dan juga microwave-cookers. Bentuk terakhir dari radiasi elektromagnetik ialah radiasi gelombang radio.
 
4. Energi Kimia
Pengertian Energi Kimia adalah energi yang keluar sebagai hasil dari interaksi antara elektron, yang dua atau lebih atom (molekul) berkombinasi sehingga menghasilkan senyawa kimia yang stabil. Energi kimia merupakan salah satu dari macam-macam energi. Energi kimia hanya dapat terjadi dalam bentuknya yang tersimpan. Bila energi kimia dilepas dalam suatu reaksi, maka yang terjadi reaksi yang disebut dengan reaksi eksotermis yang dinyatakan dalam satuan Kj, Btu atau satuan kkal. Bila dalam reaksi kimia energinya terserap maka proses ini disebut dengan reaksi endotermis. Sumber energi bahan bakar yang sangar penting bagi manusia adalah rekasi kimia eksotermis yang pada umumnya disebut reaksi pembakaran. Reaksi pembakaran ini melalui proses oksidasi dari bahan bakar fosil.
 
5. Energi Nuklir
Pengertian Energi Nuklir adalah energi dalam bentuk energi yang tersimpan, dimana dapat dilepas akibat interaksi partikel dengan atau di dalam inti atom. Energi nuklir merupakan salah satu dari macam-macam energi. Energi nuklir ini dilepas sebagai hasil usaha partikel-partikel untuk memperoleh kondisi yang lebih stabil. Satuan yang digunakan untuk menyatakannya ialah juta elektron radiasi. Pada reaksi nuklir dapat terjadi penghancuran radioaktif, fisi dan fusi.
 
6. Energi Termal
Pengertian Energi Termal adalah bentuk energi dasar, dimana semua energi dapat dikonversi secara penuh menjadi energi panas (kalor). Energi termal ialah salah satu dari macam-macam energi. Pengonversian dari energi termal ke energi lain dibatasi oleh hukum termodinamika kedua. Bentuk energi transisi dan energi termal ialah energi panas dan dapat pula bentuk dari energi ini tersimpan sebagai kalor “laten” atau kalor “sensibel” yang berbentuk entalpi.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian energi, energi mekanik, energi elektromagnetik, energi listrik, energi kimia, energi nuklir dan energi termal, semoga tulisan saya mengenai pengertian energi, energi mekanik, energi elektromagnetik, energi listrik, energi kimia, energi nuklir dan energi termal dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Energi dan Macam-macam Energi :

– Astu Pudjanarsa dan Djati Nursuhud, 2006. Mesin Konversi Energi. Yang menerbitkan CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Energi dan Macam Macam Energi

Gambar Pengertian Energi dan Macam Macam Energi

 
Pengertian dan Macam-Macam Energi | utsman ali |