Pengertian dan Manfaat Pasar Uang

Loading...
 
Menurut M Irsan Nasarudin, Pengertian Pasar Uang adalah sarana yang menyediakan pembiayaan jangka pendek (kurang dari satu tahun). Pasar uang tidak seperti pasar modal yang mempunyai tempat fisik, pembiayaan yang dilakukan didasarkan pada pinjaman (loan). Pasar uang melayani banyak pihak seperti pemerintah, perusahaan asuransi, bank dan lembaga keuangan lainnya. Yang diperdagangkan pada pasar uang antara lain surat-surat berharga pemerintah, sekuritas badan-badan pemerintah, perjanjian imbal beli, sertifikat deposito dan surat perusahaan antara lain promes, askep dan wesel. Lembaga-lembaga yang aktif di pasar uang adalah bank komersial, bank dagang, merchant banks, penyalur uang dan bank sentral.

 
Berbicara mengenai manfaat pasar uang, maka manfaat-manfaat yang dapat diperoleh dari pengembangan pasar uang yaitu :
 
(1) Manfaat pasar uang yang pertama, dana yang dimiliki oleh lembaga keuangan bank dan nonbank dapat digunakan untuk pembiayaan sektor riil.
(2) Manfaat pasar uang yang kedua, perusahaan dapat meningkatkan atau memperbanyak cara untuk memperoleh pembelanjaan jangka pendek melalui penerbitan notes, commercial paper dan instrumen janka pendek yang sejenis.
(3) Manfaat pasar uang yang ketiga, pemerintah akan memperoleh informasi dan kesempatan yang lebih baik untuk memantau kebutuhan kredit dalam perekonomian nasional.
(4) Manfaat pasar uang yang terakhir, lembaga-lembaga yang mengembangkan pasar uang dan pasar modal akan berkembang.
 
Perbedaan antara pasar uang dan pasar modal bisa menjadi samar jika dikaitkan dengan pembiayaan jangka panjang. Pada pasar modern dan canggih, mungkin sekali perusahaan memperoleh pembiayaan jangka panjang di pasar uang melalui emisi commercial paper secara berkelanjutan. Pinjaman jangka panjang pemerintah dan sekuritas badan pemerintah dapat juga dijual di pasar uang. Namun demikian satu hal yang tetap berbeda adalah semua instrumen pasar uang adah utang dan jangka waktunya lebih pendek, sedangkan pembiayaan jangka panjang dan atas modal sendiri yang sesungguhnya dapat diperoleh dari pasar modal.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian pasar uang dan manfaat pasar uang, semoga tulisan saya mengenai pengertian pasar uang dan manfaat pasar uang dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam penulisan Pengertian Pasar Uang dan Manfaat Pasar Uang :

– M. Irsan Nasaruddin, Ivan Yustiavandana dan Arman Nefi, 2004. Judul : Aspek Hukum Pasar Modal Indonesia. Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Pasar Uang, Manfaat Pasar Uang dan Sejarah Pasar Uang
Gambar Pengertian Pasar Uang, Manfaat Pasar Uang dan Sejarah Pasar Uang