. Pengertian dan Unsur Terbentuknya Bangsa | Pengertian Pakar

Pengertian dan Unsur Terbentuknya Bangsa

Pengertian Pakar
 

Menurut Bonedict Anderson, Pengertian Bangsa adalah komunitas persaudaraan yang direkabayangkan (imagined community). Proses merekabayangkan itu terjadi melalui media yang muncul hanya dari perkembangan kapitalisme cetak (print capitalism), seperti surat kabar dan majalah.

 
Pengertian Bangsa menurut pendapat Ernest Renan, Bangsa adalah solidaritas agung yang terbentuk oleh pengalaman penderitaan bersama yang terjadi dan pengalaman ini dijadikan dasar bagi pembentukan komunitas hari ini dan masa depan.
 
Menurut Anthony Smith, Pengertian Bangsa ialah komunitas kultural politik yang ada dalam gerak berayun antara pencarian identitas ke masa lalu dan pencarian arah pada rentang sejarah ke depan. Berdasarkan refleksi sejarah, ia bahkan mengartikan bangsa sebagai penjelmaan modern dari sentimen etnis yang bekerja dalam sejarah.
 
Eric Hobsbawm mengemukakan pengertian bangsa, Bangsa merupakan satu dari sekian banyak tradisi rekaan yang dibentuk untuk menyalurkan insting komunal massa, misalnya melalui penghormatan bendera, lagu, pahlawan dan simbol-simbol lain. Dalam gerak politiknya untuk menjadi kelas dominan dalam sejarah, para borjuis merupakan pelaku utama penciptaan bangsa.
 
Pengertian Bangsa menurut Ernest Gellner adalah salah satu produk transisi masyarakat dari agraris ke masyarakat industri. Oleh karena itu, industrialisasi menjadi kunci penting untuk memahami pengertian bangsa. Industrialisasi mensyaratkan bentuk baru pengorganisasian masyarakat yang bersandar pada kultur yang seragam.
 
Dari pengertian bangsa diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa bangsa adalah sekumpulan manusia yang membentuk kelompok yang memiliki persamaan karakteristik dan ideologi (pemahaman) yang sama.
 

 

| Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa |

Berbicara mengenai unsur unsur terbentuknya bangsa, maka bangsa dapat terbentuk dengan memenuhi unsur-unsurnya sebagai berikut.
(1) Unsur terbentuknya bangsa yang pertama adalah persamaan asal keturunan bangsa (etnis), yaitu bangsa Indonesia berasal dari rumpun bangsa Melayu yang kemudian diperkaya oleh variasi percampuran antardaerah.
(2) Unsur terbentuknya bangsa yang kedua ialah persamaan pola kebudayaan, terutama cara hidup sebagai suku bangsa petani dan pelaut dengan segala adat istiadat dan lembaga sosialnya, yang manifestasinya adalah adanya persamaan kebudayaan antara satu daerah dengan daerah yang lain.
(3) Unsur terbentuknya bangsa yang ketiga yaitu persamaan tempat tinggal yang disebut dengan tanah air yang meliputi dari sabang sampai merauke.
(4) Unsur terbentuknya bangsa yang keempat adalah persamaan nasib kesejarahan, baik pada masa kejayaan kerajaan-kerajaan besar seperti Majapahit dan Sriwijaya maupun penderitaan bersama di bawah penjajahan negara lain.
(5) Unsur terbentuknya bangsa yang terakhir ialah persamaan cita-cita, yaitu persamaan cita-cita hidup bersama sebagai bagsa yang merdeka dan berdaulat.
 
Sekian mengenai pengertian bangsa dan unsur unsur terbentuknya bangsa, semoga tulisan saya mengenai pengertian bangsa dan unsur unsur terbentuknya bangsa dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa :

– Heri Herdiawanto dan Jumanta Hamdayama, 2010. Judul : Cerdas, Kritis, Dan Aktif Berwarganegara (Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi). Penerbit ERLANGGA : Jakarta.
Gambar Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa

Gambar Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Terbentuknya Bangsa

 
Pengertian dan Unsur Terbentuknya Bangsa | utsman ali |