. Pengertian Ilmu Politik Menurut Pakar | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Ilmu Politik Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Menurut Rogert F. Soltou, Pengertian Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari negara, tujuan dari negara serta lembaga-lembaga yang akan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut, hubungan antara negara dengan warga negarannya dan hubungan antara negara dengan negara lainnya.

 
Menurut J. Barents, Pengertian Ilmu Politik ialah ilmu yang mempelajari kehidupan negara, dimana kehidupan negara merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Ilmu politik mempelajari negara-negara dalam melaksanakan tugasnya.
 
Harolf D. Lasswel mengatakan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang mempelajari pembentukan dan pembagian kekuasaan. Kekuasaan yang dimaksud dalam pengertian ilmu politik ini yaitu kemampuan seseorang atau sekelompok orang untuk memengaruhi tingkah laku orang lain atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari si pemilik pengaruh.
 
Pengertian Ilmu Politik menurut W.A Robson, Ilmu Politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan di dalam masyarakat yang mengenai dasar, hakikat, proses-proses, ruang lingkup dan hasil-hasilnya. Fokus utamanya tertuju pada perjuangan untuk mencapai dan mempertahankan kekuasaan, dalam hal ini melaksanakan kekuasaan atau pengaruh atas orang lain atau menentang pelaksanaan kekuasaan itu.
 

Menurut Ossip K. Flechtheim, Pengertian Ilmu Politik ialah ilmu sosial yang khusus mempelajari sifat dan tujuan negara sejauh mana negara merupakan organisasi kekuasaan beserta sifat dan tujuan dari gejala-gejala kekuasaan yang tidak resmi (tidak sesuai dengan aturan), yang dapat memengaruhi negara.

Kata Politik itu sendiri berasal dari kata “polis” yang berarti negara kota. Orang yang mendiami kota disebut polites atau biasa disebut dengan warga negara, sedangkan kata politikos berarti kewarganegaraan. Dari istilah tersebut kemudian muncullah politike techne yang berarti kemahiran politik. Ars politica yang berarti kemahiran dalam persoalan negara. Politike episteme yang berarti ilmu politik. Dari kata inilah yang menjadi asal dari kata politik yang kita gunakan.
 
Hoogerwerrf mengatakan bahwa objek dari ilmu politik adalah kebijaksanaan dari pemerintah, proses terbentuknya dan akibat yang ditimbulkannya. David Easton mengatakan ilmu politik merupakan studi mengenai terbentuk kebijaksanaan umum. Pembagian dan alokasi adalah pembagian dan penjatahan dari nilai-nilai yang ada di dalam masyarakat. Dengan demikian politik adalah membagikan dan mengalokasikan nilai-nilai secara mengikat. Pembagian dan penjatahan nilai ini seringkali tidak merata, sehingga menimbulkan kecemburuah dan pada akhirnya akan menjadi konflik. Nilai adalah sesuatu yang dianggap benar dan baik, sesuatu yang diinginkan, sesuatu yang mempunyai harga maka dianggap baik dan benar, sesuatu yang ingin dimiliki manusia. Nilai itu dapat bersifat abstrak seperti kebebasan, kejujuran, keadilan, kebebasan bependapat dan lain sebagainya. Nilai juga dapat bersifat konkret seperti kekayaan, rumah sakit, sekolah dan lain sebagainya. Harold D. Lasswel mengatakan bahwa politik adalah masalah siapa yang mendapat apa, kapan dimulainya dan bagaimana caranya.

Ramlan Surbakti mengartikan politik sebagai interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yang tinggal di dalam suatu wilayah tertentu.
 
Ramlan Surbakti juga mengatakan bahwa ada lima pandangan mengenai politik. Pertama, Politik merupakan usaha-usaha warga negara yang ditempuh untuk membicarakan dan mewujudkan kebaikan bersama. Kedua, Politik adalah segala hal yang berhubungan dengan penyelenggaraan negara dan pemerintahan. Ketiga, Politik merupakan segala kegiatan yang diarahkan untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat. Keempat, Politik adalah segala kegaitan yang berkaitan dengan perumusan dan pelaksanaan kebijaksanaan umum. Kelima, Politik yaitu sebagai konflik dalam rangka mencari dan mempertahankan sumber-sumber yang dianggap penting.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian ilmu politik menurut pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian ilmu politik menurut pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Politik Menurut Para Pakar :

– Ng. Philipus dan Nurul Aini, 2004. Sosiologi dan Politik. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
 
Gambar Pengertian Ilmu Politik Menurut Pakar

Gambar Pengertian Ilmu Politik Menurut Pakar

Pengertian Ilmu Politik Menurut Pakar | utsman ali |