. Pengertian, Jenis dan Sejarah Virus Komputer | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian, Jenis dan Sejarah Virus Komputer

Pengertian Pakar
 

Pengertian Virus Komputer menurut Sutarman adalah suatu program yang menempel dan menjadi bagian dari rutinitas program lainnya dengan keistimewaan dapat menggandakan dirinya.

 
Pengertian Virus Komputer secara umum, Virus adalah suatu jenis program yang memiliki kemampuan menduplikasikan diri di mana hasil duplikasinya berbeda dengan aslinya tergantung jenis virusnya dan membutuhkan tempat untuk memperbanyak diri
 
Awal ditemukannya istilah virus dalam dunia komputer ialah pada tahun 1949 berangkat dari seorang pakar di bidang komputer, John Von Neumann dengan teori self altering automata. Hal ini menjadi inspirasi bagi para programmer di Lab BELL (AT&T) pada tahun 1960 dengan mencoba membuat suatu jenis program permainan yang dapat memperbanyak dirinya dan menghancurkan semua program buatan lawannya. Program yang dapat bertahan dan juga menghancurkan semua program lain, maka akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini menjadi jenis game yang favorit di setiap laboratorium komputer. Akan tetapi, semakin lama program ini semakin berbahaya karena dapat menghapus program yang tidak saja terlibat dalam permainan tersebut, akan tetapi juga pada program lain yang berguna.
 
Istilah virus komputer kemudian dikenalkan oleh seorang peneliti Asisten Professor di Universitas Cincinati, Ohio (Amerika Serikat), Fred Cohen pada tahun 1984 dalam makalahnya Computer Viruses-Theory and Experiments yang kemudian disambut baik oleh peserta. Cohen menjelaskan virus komputer dan menggambarkan eksperimen yang dilakukannya untuk membuktikan eksistensi virus komputer dalam rangka menyusun disertasi untuk meraih gelar Ph.D.
 
Berdasarkan metode penyebaran virus komputer dan cara melakukan infeksi pada organisasi lain yang serupa dengan virus pada istilah kesehatan maka menjadi pembicaraan serius. Dalam waktu dekat kemudian bermunculan pemrograman lain yang membuat program sejenis dengan variasi dan cara penyerangan yang berbeda-beda.
 
Dalam Sejarahnya, awal mula kemunculan virus tidak bertujuan untuk merugikan orang lain. Namun, perkembangan selanjutnya virus dijadikan sebagai ajang untuk balas dendam terhadap sistem atau kelompok pengguna komputer tertentu, sekedar bercanda untuk mengganggu sistem orang lain, eksperimen untuk mengetahui apakah virus bekerja dengan baik atau tidak. Penggunaan virus yang semulanya hanya dijadikan permainan (game), malah digunakan untuk merugikan orang lain dengan merusak sistemnya.

| Jenis Jenis Virus Komputer |

Sejalan dengan perkembangan kemampuan orang menguasai suatu bidang bahasa pemrograman, maka semakin banyak jenis jenis virus komputer yang beredar di masyarakat. Beberapa jenis jenis virus komputer yang umum beredar pada saat ini.
 
1. Jenis Virus Makro
Jenis virus ini ditulis dengan bahasa pemrograman dari suatu aplikasi bukan dengan bahasa pemrograman dari suatu operating system. Jenis virus komputer ini dapat berjalan apabila aplikasi pembentuknya dapat berjalan dengan baik, jenis virus ini biasanya menempel pada file aplikasi berbasis dokumen, antara lain pengolah kata (ekstensi .doc pada Ms. Word), pengolah spreedsheet (ekstensi .xls pada Ms. Excel) dan lainnya. Contoh virus komputer ini :
Varian W97M. Panther dengan panjang 1234 bytes, akan menginfeksi NORMAL.DOT dan menginfeksi dokumen apabila dibuka.
WM.Twno.A, TW dengan panjang 41984 bytes, yang akan menginfeksi dokumen Ms. Word dengan menggunakan bahasa makro, biasanya berekstensi *.DOT dan *.DOC.
 
2. Jenis Virus Boot Sector
Jenis virus komputer ini yaitu berkemampuan menggandakan dirinya dan memindahkan atau menggantikan boot sector asli dengan booting virus. Pada saat terjadi booting, virus akan di-load ke memori dan selanjutnya virus komputer ini akan mempunyai kemampuan mengendalikan hardware standar (contoh : monitor, printer) dan dari memori ini pula virus akan menyebar ke seluruh drive yang ada dan yang terhubung ke komputer. Contoh virus komputer ini : Varian virus wyx, wyx.C(B), jenis virus yang menginfeksi boot record dan floopy dengan panjang 520 bytes; karakteristik : memory resident dan terenkripsi.
 
3. Jenis Virus Stealth Virus
Jenis virus komputer ini berkemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi level DOS dan biasanya mereka tersembunyi sesuai namanya, baik secara penuh atupun sesuai ukurannya. Contoh virus komputer ini : Vmem(s) menginfeksi file file *.EXE, *.SYS dan *.COM panjang file 3275 bytes, menetap dimemori, ukurannya tersembunyi, dienkripsi.
 
4. Jenis Virus Polymorphic
Jenis virus komputer ini berkemampuan untuk mengecoh program dari antivirus, dalam hal ini berati bahwa virus tersebut selalu berusaha agar tidak dikenali oleh antivirus dengan cara selalu mengubah-ubah strukturnya setiap kali selesai menginfeksi file atau program lain. Contoh virus komputer ini : Nightfall yang menginfeksi file *.EXE dan *.COM, panjang file 1963 bytes, menetap di memori, ukuran dan virus tersebut tersembunyi, terenkripsi dan dapat berubah ubah strukturnya.
 
5. Jenis Virus File atau Program
Jenis virus komputer ini menginfeksi file-file yang dapat dieksekusi langsung dari sistem operasi, baik itu file *.EXE maupun *.COM. Biasanya juga hasil infeksi dari virus komputer ini dapat diketahui dengan berubahnya ukuran file yang diserangnya.
 
6. Jenis Virus Partition
Jenis virus komputer ini merupakan gabungan dari jeni virus boot sector dan jenis virus file. Artinya, pekerjaan yang dilakukan berakibat dua, yaitu dapat menginfeksi file-file *.EXE atau *.COM dan juga menginfeksi boot sector.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian virus komputer, jenis jenis virus komputer dan sejarah virus komputer, semoga tulisan saya mengenai pengertian virus komputer, jenis jenis virus komputer dan sejarah virus komputer dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Virus Komputer, Jenis Jenis Virus Komputer dan Sejarah Virus Komputer :

– Sutarman, 2009. Judul : Pengantar Teknologi Informasi. Penerbit Bumi Aksara : Jakarta.
Gambar Pengertian Virus Komputer, Jenis Virus Komputer dan Sejarah Virus Komputer

Gambar Pengertian Virus Komputer, Jenis Virus Komputer dan Sejarah Virus Komputer

 
Pengertian, Jenis dan Sejarah Virus Komputer | utsman ali |