. Pengertian Kewirausahaan Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Kewirausahaan Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Kewirausahaan Menurut Pakar, sebagai berikut :

Menurut Thomas W Zimmerer, Pengertian Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan masalah dan upaya memanfaatkan peluang yang dihadapi setiap harinya. Kewirausahaan yaitu gabungan dari kreativitas, inovasi dan keberanian mengahadapi risiko, yang dilakukan dengan kerja keras untuk membentuk dan memelihara usaha baru.
 
Menurut Robert D Hisrich, Pengertian Kewirausahaan adalah suatu proses dinamis atas penciptaan tambahan kekayaan. Dalam hal ini kekayaan diciptakan oleh individu yang berani mengambil risiko utama dengan syarat-syarat yang sewajarnya, waktu dan komitmen karier atau penyediaan nilai untuk berbagai barang dan jasa. Nilai tersebut harus didukung oleh usahawan dengan penerimaan dan penempatan kebutuhan keterampilan dan sumber-sumber daya
 
David E Rye mengemukakan pengertian kewirausahaan, Kewirausahaan ialah seorang yang mengorganisasikan dan mengarahkan usaha baru. Wirausaha berani mengambil risiko yang terkait secara tumpang tindih dengan istilah wirausaha. Di berbagai literatur dapat dilihat bahwa pengertian wiraswasta sama dengan wirausaha, walau di dalam penguraiannya muncul perbedaan antara pengertian wirausaha dan wiraswasta.
 
Pengertian Kewirausahaan menurut John J Kao, Kewirausahaan adalah usaha untuk menciptakan nilai melalui pengenalan kesempatan bisnis, manajemen pengambilan risiko yang tepat dan melalui keterampilan komunikasi dan manajemen untuk mobilisasi manusia, uang dan bahan-bahan baku atau sumber daya lain yang diperlukan untuk menghasilkan proyek supaya terlaksana dengan baik.
 
Menurut Drucker, Pengertian Kewirausahaan ialah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, bahkan kewirausahaan secara sederhana sering juga diartikan sebagai prinsip atau kemampuan wirausaha.
Pengertian Kewirausahaan menurut Instruksi presiden No. 4 Tahun 1995, Kewirausahaan merupakan sikap, semangat, kemampuan dan perilaku seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya untuk mecari, menerapkan cara kerja, menciptakan, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.
Pengertian Wirausaha adalah seseorang yang memutuskan untuk memulai suatu bisnis, sebagai pewaralaba (franchisor) menjadi terwaralab (franchise), memperluas sebuah perusahan, membeli perusahaan yang sudah ada atau mungkin meminjam uang untuk memproduksi suatu produk baru atau menawarkan suatu jasa baru, serta merupakan manajer dan penyandang risiko.
 
Robert D Hisrich mengatakan lebih lanjut bahwa pengertian kewirausahaan dapat dilihat melalui tiga pendekatan, yaitu pendekatan ekonomi, psikolog dan pebisnis.
Pengertian Kewirausahaan dalam pendekatan Ekonomi adalah orang yang membawa sumber-sumber daya, material, tenaga dan aset-aset lain ke dalam kombinasi yang membuat nilainya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya dan juga seseorang yang memperkenalkan peruabahan, inovasi atau pembaruan dan suatu order atau tatanan atau tata dunia baru.
 
Pengertian Kewirausahaan dalam pendekatan Psikolog ialah betul-betul seorang yang digerakkan secara khas oleh kekuatan tertentu, kegiatan untuk menghasilkan atau mencapai seseuatu, pada percobaan, pada penyempurnaan atau mungkin pada wewenang mencari jalan keluar yang lain.
 
Pengertian Kewirausahaan dalam pendekatan Seorang Pebisnis adalah seorang pebisnis yang muncul sebagai pesaing yang agresif, ancaman, sebaliknya pada pebisnis lain sesama wirausaha mungkin sebagai sekutu atau mitra, sebuah sumber penawaran, seorang pelanggan, atau seorang yang menciptakan kekayaan bagi orang lain dan menemukan jalan yang lebih baik untuk memanfaatkan sumber-sumber daya, mengurangi pemborosan, serta mengahasilkan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain yang dengan senang hari menjalankannya.
 
Dari pengertian kewirausahan diatas, dapat disimpulkan bahwa Kewirausahaan adalah upaya yang berkaitan dengan penciptaan kegiatan atau usaha atau aktivitas bisnis atas dasar kemauan sendiri atau kemampuan sendiri untuk mendirikan usaha atau bisnis. Wirausaha adalah orang-orang yang memiliki sifat-sifat kewiraswastaan atau kewirausahaan dan umumnya memiliki keberanian dalam mengambil risiko terutama dalam menangani usaha atau perusahaannya dengan berpijak pada kemampuan atau kemauan sendiri.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian kewirausahaan, semoga tulisan saya mengenai pengertian kewirausahaan dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Kewirausahaan Menurut Pakar :

– PO Abas Sunarya, Sudaryono dan Asep Saefullah, 2011. KEWIRAUSAHAAN. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Pakar

 
Pengertian Kewirausahaan Menurut Pakar | utsman ali |