. Pengertian Perikanan Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Perikanan Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Perikanan Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
Pengertian Perikanan menurut Hempel dan Pauly, Perikanan adalah kegiatan eksploitasi sumber daya hayati dari laut. Pengertian perikanan yang diungkapkan oleh Hempel dan Pauly ini membatasi pada perikanan laut, karena perikanan memang semua berasal dari kegiatan hunting (berburu) yang harus dibedakan dari kegiatan farming seperti budi daya.
 
Menurut Lackey, Pengertian Perikanan adalah suatu sistem yang terdiri dari tiga komponen, yaitu biota perairan, habitat biota dan manusia sebagai pengguna sumber daya tersebut. Dari komponen-komponen tersebut akan mempengaruhi performa perikanan.
 
Pengertian Perikanan secara umum dalam Merriam-Webster Dictionary, Perikanan ialah kegiatan, industri atau musim pemanenan ikan atau hewan laut lainnya. Pengertian perikanan yang hampir sama juga ditemukan di Encyclopedia Brittanica, Perikanan adalah pemanenan ikan, kerang-kerangan (shellfish) dan mamalia laut.
 
Pengertian Perikanan Menurut UU Nomor 45 Tahun 2009, Perikanan adalah semua kegiatan yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya ikan dan lingkungannya mulai dari praproduksi, produksi, pengolahan sampai dengan proses pemasaran yang dilaksanakan dalam suatu sistem bisnis perikanan.
 
Dari pengertian perikanan yang diungkapkan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Perikanan adalah semua kegiatan yang berhubungan atau berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya laut untuk kegiatan produksi.
 
Menurut Lacket perikanan dapat dikelompokkan berdasarkan beberapa sifat antara lain :
(1) Perikanan berdasarkan jenis lingkungan. Contohnya : perikanan air tawar, laut, danau, sungai dan bendungan.
(2) Perikanan berdasarkan metode pemanenan. Contohnya : perikanan trawl, dipnet, purse seine dan lain sebagainya.
(3) Perikanan berdasarkan jenis akses yang diizinkan. Contohnya : perikanan akses terbuka, perikanan akses terbuka dengan regulasi dan perikanan dengan akses terbatas.
(4) Perikanan berdasarkan concern organisme. Cotohnya : perikanan salmon, udang, kepiting, tuna.
(5) Perikanan berdasarkan tujuan penangkapan. Contohnya : perikanan komersial, subsisten, perikanan rekreasi.
(6) Perikanan berdasarkan derajat kealaman dari hewan target : total dari alam, semi budi daya atau total budi daya.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian perikanan menurut pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian perikanan menurut pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Perikanan Menurut Pakar :

– Akhmad Fauzi, 2010. Ekonomi Perikanan. Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Gambar Pengertian Perikanan Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Perikanan Menurut Para Pakar

 
Pengertian Perikanan Menurut Pakar | utsman ali |