. Pengertian Sosiologi Ekonomi | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Sosiologi Ekonomi

Pengertian Pakar
 

Menurut Paul B. Horton dan Chester L. Hunt, Pengertian Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat. Horton dan Hunt mendefinisikan masyarakat sebagai sekumpulan manusia yang secara relatif mandiri, dimana hidup secara bersama-sama dalam waktu yang cukup lama, mendiami suatu wilayah mandiri, memiliki suatu kebudayaan yang sama dan melakukan sebagian besar kegiatannya dalam kelompok tersebut.

 
Ekonomi merupakan kata serapan dari bahasa Inggris, yaitu Economy. Kata Economy sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu oikonomike yang memiliki arti pengelolaan rumah tangga. Pengertian Ekonomi adalah suatu usaha dalam pembuatan keputusan dan pelaksanaannya yang berhubungan dengan pengalokasian sumberdaya masyarakat (rumah tangga dan pebisnis atau perusahaan) yang terbatas diantara berbagai anggotanya, dengan pertimbangkan kemampuan, usaha dan keinginan masing-masing.
 
Pengertian Sosiologi Ekonomi dapat dilihat dari 2 segi, yaitu :
(1) Pengertian Sosiologi Ekonomi adalah suatu kajian yang mempelajari hubungan antara masyarakat, yang di dalamnya terjadi suatu interaksi sosial dengan ekonomi. Dalam hubungan itu dapat kita lihat bagaimana masyarakat mempengaruhi ekonomi dan bagaimana ekonomi mempengaruhi masyarakat.
(2) Pengertian Sosiologi Ekonomi adalah suatu pendekatan sosiologis yang diterapkan pada fenomena ekonomi.
 
Dari pengertian sosiologi ekonomi yang pertama dapat dipahami sosiologi ekonomi mengkaji bagaimana masyarakat mempengaruhi ekonomi dan bagaimana masyarakat dipengaruhi oleh ekonomi.
Dalam sosiologi ekonomi, konsep masyarakat mempengaruhi ekonomi dapat kita lihat contohnya dalam kegiatan ekonomi. Masyarakat sebagai realitas eksternal-objektif akan menuntun individu dalam melakukan kegiatan ekonomi seperti apa yang boleh diproduksi, bagaimana memproduksinya dan dimana memproduksinya. Dari kegiatan yang dilakukan masyarakat ini menunjukkan bahwa masyarakatlah yang mempengaruhi ekonomi.
 
Dalam sosiologi ekonomi, konsep ekonomi mempengaruhi masyarakat dapat kita contohnya dalam kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Semua manusia perlu mengkonsumsi pangan, sandang dan papan untuk bisa bertahan hidup. Oleh karena itu manusia tersebut perlu bekerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan bekerja, ini menunjukkan bahwa faktor ekonomi yang mempengaruhi manusia.
 
Dari pengertian sosiologi ekonomi yang kedua, terdapat dua hal yang harus dijelaskan, yaitu pendekatan sosiologis dan fenomena ekonomi.
Pendekatan Sosiologis merupakan konsep-konsep, variabel-variabel, teori-teori dan metode yang digunakan dalam sosiologi untuk memahami kenyataan sosial, termasuk di dalamnya kompleksitas aktifitas yang berkaitan dengan ekonomi seperti produksi, konsumsi dan distribusi.
 
Fenomena Ekonomi adalah gejala dari cara bagaimana orang atau masyarakat memenuhi kebutuhan hidup mereka terhadap jasa dan barang langka. Cara yang dimaksud disini yaitu semua aktivitas orang dan masyarakat yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi jasa-jasa dan barang-barang langka.
 
Fenomena ekonomi tidak hanya berada pada tataran mikro sepertin tindakan dan perilaku ekonomi, tetapi juga ada pada tataran makro seperti budaya ekonomi. Selain itu tidak hanya menyangkut sebagai realitas subjektif seperti belanja, tetapi juga realitas objektif seperti ideologi ekonomi. Fenomena ekonomi berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, ekonomi dan sosial budaya masyarakat.
 
Sosiolog (pakar sosiologi) melihat fenomena ekonomi memiliki konsep, variabel, dan teori sosiologi dalam kerangka pikir, sedangkan metode merupakan alat untuk mendapatkan atau memperoleh data. Melalui teori dan metode yang dimiliki, sosiolog mengkaji fenomena ekonomi yang berkembang dalam proses interaksi sosial dan masyarakat.
 
Sekian mengenai pengertian sosiologi ekonomi, semoga tulisan saya mengenai pengertian sosiologi ekonomi dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Sosiologi Ekonomi :

– Damsar, 2009. Pengantar Sosiologi Ekonomi. Penerbit Kencana Prenada Media Group : Jakarta.
Gambar Pengertian Sosiologi Ekonomi

Gambar Pengertian Sosiologi Ekonomi

 
Pengertian Sosiologi Ekonomi | utsman ali |