. Pengertian Wirausaha Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Wirausaha Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Wirausaha Menurut Para Pakar, sebagai berikut :

Menurut Marzuki Usman, Pengertian Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kemampuan dalam menggunakan dan mengombinasikan sumber daya, seperti keuangan, tenaga kerja, material, keterampilan untuk menghasilkan produk, bisnis, proses produksi dan organisasi usaha baru. Wirausaha adalah seseorang yang memiliki kombinasi unsur-unsur internal yang meliputi komunikasi, motivasi, optimisme, semangat, dorongan dan kemampuan memanfaatkan peluang usaha.

 
Menurut Edi Swasono, Pengertian Wirausaha adalah pengusaha, tetapi tidak semua pengusaha merupakan wirausaha. Wirausaha adalah pelopor dalam bisnis (inovator), penanggung resiko yang mempunyai visi ke depan dan memiliki keunggulan dalam prestasi di bidang usaha.
 
Scarborough dan Zimmerer mengemukakan pengertian wirausaha, Wirausaha ialah orang yang menciptakan suatu bisnis baru dalam menghadapi risiko dan ketidakpastian dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dan pertumbuhan, dengan mengenali peluang dan mengombinasikan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk memanfaatkan peluang tersebut.
 
Pengertian Wirausaha menurut Dun Steinhoff dan John F Burgess, Wirausaha adalah orang yang menanggung resiko keuangan, material dan sumber daya manusia, cara menciptakan konsep usaha yang baru atau peluang dalam perusahaan yang sudah ada.
 
Menurut Richard Cantilon, Pengertian Wirausaha ialah seseorang yang menanggung resiko. Istilah wirausaha pada awalnya merupakan sebutan bagi para pedagang yang membeli barang di daerah-daerah tertentu dan kemudian menjualnya ke daerah lain dengan harga yang tidak pasti.
 
Pengertian Wirausaha menurut Ahli Ekonomi, Wirausaha adalah orang mengombinasikan faktor-faktor produksi seperti sumber daya alam, tenaga kerja, material dan peralatan lain untuk meningkatkan nilai sehingga menjadi lebih tinggi dari sebelumnya. Wirausaha juga dikatakan sebagai seseorang yang memperkenalkan perubahan-perubahan (inovasi) dan melakukan perbaikan produksi lainnya. Dengan demikian, Wirausaha adalah seseoarang atau sekelompok orang yang mengorganisasikan faktor-faktor produksi, tenaga modal, sumber daya alam dan keahlian untuk tujuan memproduksi barang dan jasa.
 
Menurut Pandangan Psikolog, Pengertian Wirausaha ialah orang yang memiliki dorongan kekuatan dari dalam diri untuk memperoleh suatu tujuan serta suka bereksperimen untuk menampilkan kebebasan dirinya di luar kekuasaan dari orang lain. Meskipun pemikiran mengenai wirausaha berbeda-beda dan konsep kewirausahaan identik dengan kemampuan pengusaha dalam dunia bisnis, namun dalam wirausaha mengandung unsur-unsur yang hampir sama pada umumnya, yaitu seseorang yang memiliki kemampuan inovatif, kreatif dan berani menanggung risiko, serta selalu berusaha untuk mencari peluang melalui potensi yang dimilikinya.
 
Kewirausahaan tidak selalu identik dengan perilaku dan watak pengusaha, karena sifat ini juga dimiliki oleh mereka yang bukan pengusaha. Wirausaha meliputi semua aspek pekerjaan, baik karyawan pemerintah maupun karyawan swasta. Wirausaha adalah mereka yang melakukan usaha-usaha inovatif dan kreatif dengan jalan mengembangkan ide dan mengombinasikan sumber daya untuk menemukan peluang. Wirausaha adalah seseorang yang mengoperasikan, mengorganisasikan dan memperhitungkan risiko untuk sebuah usaha yang mendatangkan laba.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian wirausaha menurut pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian wirausaha menurut pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Wirausaha Menurut Pakar.

– PO Abas Sunarya, Sudaryono dan Asep Saefullah, 2011. KEWIRAUSAHAAN. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Wirausaha Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Wirausaha Menurut Para Pakar

 
Pengertian Wirausaha Menurut Pakar | utsman ali |