Jenis Jenis Koperasi

Loading...
 
enis jenis koperasi berdasarkan sejarah timbulnya gerakan koperasi, sebagai berikut : (1) Koperasi Konsumsi, (2) Koperasi Kredit dan (3) Koperasi Produksi.
 
Jenis jenis koperasi berdasarkan lapangan usaha dan tempat tinggal para anggotanya, sebagai berikut :
1. Jenis Koperasi Desa
Pengertian Koperasi Desa adalah koperasi yang anggota-anggotanya terdiri dari penduduk desa yang mempunyai kepentingan-kepentingan yang sama dalam koperasi dan menjalankan aneka usaha dalam suatu lingkungan tertentu.
2. Jenis Koperasi Unit Desa (KUD)
Pengertian Koperasi Unit Desa adalah organisasi ekonomi yang merupakan wadah bagi pengembangan berbagai kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat pedesaan itu sendiri, serta memberikan pelayanan kepada anggotanya dan masyarakat pedesaan.
3. Jenis Koperasi Simpan Pinjam
Pengertian Koperasi Simpan Pinjam adalah suatu koperasi yang anggotanya terdiri dari orang-orang yang mempunyai kepentingan langsung dalam soal-soal simpan pinjam atau perkreditan.
4. Jenis Koperasi Konsumsi
Pengertian Koperasi Konsumsi adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari tiap-tiap orang yang mempunyai kepentingan langsung dalam lapangan konsumsi. Jenis koperasi konsumsi ini biasanya menjalanan usaha untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari para anggotanya dan masyarakat sekitarnya.
5. Jenis Koperasi Pertanian (Koperta)

Pengertian Koperasi Pertanian adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para petani pemilik tanah, penggadoh atau buruh tani dan orang-orang yang berkepentingan serta bermata pencaharian yang berhubungan dengan usaha-usaha petanian.

6. Jenis Koperasi Peternakan

Pengertian Koperasi Peternakan adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari peternak, pengusaha peternakan dan buruh peternakan yang berkepentingan dan mata pencahariannya langsung berhubungan dengan soal-soal peternakan.
7. Jenis Koperasi Perikanan
Pengertian Koperasi Perikanan adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para peternak ikan, pengusaha perikanan, pemilik kolam ikan, pemilik alat perikanan, nelayan dan sebagainya yang kepentingan serta mata pencahariannya langsung berhubungan dengan soal-soal perikanan.
8. Jenis Kopeasi Koperasi Industri
Pengertian Koperasi Industri adalah koperasi yang anggotanya terdiri dari para pengusaha kerajinan atau industri dan buruh yang berkepentingan serta mata pencahariannya langsung berhubungan dengan kerajinan atau industri.
 
Jenis jenis koperasi berdasarkan golongan fungsional, yaitu : (1) KPN (Koperasi Pegawai Negeri), (2) KOPAD (Koperasi Angkatan Darat), (3) KOPAL (Koperasi Angkatan Laut), (4) KOPAU (Koperasi Angkatan Udara), (5) KOPAK (Koperasi Angkatan Kepolisian), (6) Koperasi Pensiunan Angkatan Darat, (7) Koperasi Pensiunan Pegawai Negeri, (8) Koperasi Karyawan dan sebagainya.
 
Jenis jenis koperasi berdasarkan sifat khusus dari aktivitas dan kepentingan ekonominya, yaitu : (1) Koperasi Batik, (2) Bank Koperasi, (3) Koperasi Asuransi dan sebagainya.
 
Sekian pembahasan mengenai jenis jenis koperasi, semoga tulisan saya mengenai jenis jenis koperasi dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Jenis Jenis Koperasi :

– R.T.S. Rahadja Hadhikusuma, 2001. Hukum Koperasi Indonesia. Yang Menerbitkan PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Jenis Jenis Koperasi
Gambar Jenis Jenis Koperasi