. Pengertian dan Jenis Pemasaran | Pengertian Pakar
loading...
loading...

Pengertian dan Jenis Pemasaran

Pengertian Pakar
 
Menurut Majaro, Pengertian Pemasaran adalah suatu fungsi manajemen yang bertanggung jawab untuk mengeditifikasi bagaimana memuaskan kebutuhan pelanggan dan menghasilkan kemampuan untuk menghasilkan keuntungan untuk organisasi.

 
Pengertian Pemasaran menurut Kotler adalah seni sekaligus ilmu pengetahuan di dalam menentukan target pasar serta mencari pelanggan, mempertahankan dan menambahnya dengan cara menciptakan, mengkomunikasikan serta memberikan nilai superior dari pelanggan.
 
Menurut American Marketing Association, Pengertian Pemasaran ialah suatu proses perencanaan dan pelaksanaan dari suatu konsep, penentuan harga, pendestribusian ide dan promosi, baik terhadap barang maupun jasa untuk menciptakan suatu pertukaran yang memuaskan individu dan tujuan dari suatu organisasi.
 
Dari pengertian pemasaran di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa Pengertian Pemasaran adalah suatu fungsi bisnis yang mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan dan keinginan-keinginan yang belum terpenuhi dari pelanggan, mengukur daya tarik dan potensi mereka dalam memperoleh profit. Menentukan target pasar yang mana organisasinya akan dapat memberikan pelayanan paling prima, menentukan produk, jasa dan program pelayanan yang sesuai pada segmen yang telah dipilih tersebut, kemudian mengajak seluruh anggota organisasi untuk memperdulikan dan melayani pelanggan.
 
Pemasaran adalah suatu aktivitas organisasi modern untuk bertahan dan sukses dalam bisnis. Organisasi harus tahu pasarnya, menarik sumber daya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, ide yang sesuai dengan cara efektif keberbagai masyarakat yang membutuhkannya. Singkatnya organisasi modern menekankan pada mekanisme pertukaran, melalui penawaran produk atau jasa untuk mencapai tujuan mereka.
 
Pemasaran merupakan suatu kegiatan analisis, perencanaan, penawaran produk atau jasa dan pengendalian program-program yang diformulasikan dengan ketelitian untuk menghasilkan pertukaran nilai-nilai secara sukarela dengan target pasar yang dimaksudkan untuk mencapai tujuan organisasi. Pemasaran menekankan sepenuhnya pada penyusunan penawaran organiasi dalam konteks kebutuhan dan keinginan target pasar dan penggunaan harga secara efektif, komunikasi dan distribusi untuk menginformasikan, memotivasi dan melayani pasar.
 
Dalam ilmu sosial terdapat beberapa pengertian dan tujuan pemasaran, di antaranya tujuan pemasaran sebagai usaha kegiatan bisnis yang mengarahkan arus barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Dengan demikian tujuan pemasaran yaitu untuk membeli produk atau jasa agar konsumen lebih mengenal, sehingga menjadi tertarik dan membeli produk atau jasa tersebut. Dengan demikian esensi pemasaran dalam ilmu sosial yaitu kegiatan tukar menukar yang saling memuaskan stakeholders.
 

| Jenis Jenis Pemasaran |

Jenis Jenis Pemasaran menurut Supriyanto yaitu pemasaran eksternal, pemasaran internal dan pemasaran interaktif.
1. Pemasaran Internal
Pemaran Internal merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pada dasarnya karyawan adalah pelanggan pertama dari suatu bisnis atau perusahaan. Bagaimana suatu perusahaan harus memuaskan karyawan, memperhatikan kebutuhan, keinginan serta harapan, demikian juga mengenai kesejahteraan karyawan. Semua tersebut merupakan hak yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Karena itu kewajiban perusahaan harus memperhatikan kesejahteraan karyawan seperti gaji, tunjangan hari tua, pengembangan karir, asuransi dan lain-lain. Di lain pihak harus memasarkan perusahaan tersebut, termasuk sumber daya perusahaan dan brand image (citra merek).
2. Pemasaran Interaktif
Pemasaran Interaktif merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Kemampuan karyawan untuk berinteraksi dengan pelanggan mengharuskan setiap karyawan memiliki keterampilan dan profesional dalam malayani pelanggan. Untuk memuaskan kebutuhan dan harapan pelanggan, karyawan harus selalu kelihatan menarik, murah senyum, mau mendengarkan keluhan, siap bila diperlukan, hormat, sabar, jujur dan bisa dipercaya.
3. Pemasaran Eksternal
Pemasaran Eksternal merupakan salah satu dari jenis jenis pemasaran. Pemasaran eksternal menjadi tugas dari manager dan organisasi pemasaran perusahaan. Dalam memahami kebutuhan dan harapan pasar, upaya menciptakan produk atau jasa pelayanan, serta mengupayakan terjadinya transaksi yang saling menguntungkan kedua belah pihak.
 
Tujuan Pemasaran secara umum, sebagai berikut :
1. Kebutuhan
Tujuan pemasaran yang pertama yaitu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kebutuhan adalah sesuatu yang sifatnya mendasar yang diperlukan untuk memenuhi masalah manusia. Contoh : Kebutuhan makanan, minum, pakaian, rumah dan pendidikan.
2. Keinginan
Tujuan Pemasaran yang kedua ialah untuk memenuhi keinginan pelanggan. Kebutuhan yang telah menjadi dorongan untuk diselesaikan (hasrat untuk memenuhi kebutuhan) ketika mereka diarahkan kepada tujuan atau objek tertentu yang spesifik, yang memungkinkan memuaskan kebutuhan. Orang sakit ingin berobat modern, maka ia akan berobat ke rumah sakit, puskemas atau klinik.
3. Harapan
Tujuan Pemasaran yang ketiga adalah untuk memenuhi harapan pelanggan. Harapan adalah keinginan akan produk atau jasa tertentu yang bersifat individual dengan memperhatikan bagaimana cara memenuhi kebutuhan dan keinginan. Contohnya : Berobat ke rumah sakit, dengan pelayanan dokter yang terampil dan cepat serta ramah (harapan). Faktor psikografi (selera, gaya hidup, persepsi terhadap tempat pelayanan) ikut menentukan harapan seseorang.
 
Sekian mengenai pengertian pemasaran, tujuan pemasaran dan jenis jenis pemasaran, semoga tulisan saya mengenai pengertian pemasaran, tujuan pemasaran dan jenis jenis pemasaran dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Pemasaran, Tujuan Pemasaran dan Jenis Jenis Pemasaran :

– S. Supriyanto dan Ernawati, 2010. Judul : Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Pemasaran dan Jenis Jenis Pemasaran

Gambar Pengertian Pemasaran dan Jenis Jenis Pemasaran

 
Pengertian dan Jenis Pemasaran | utsman ali |