. Pengertian Desentralisasi Menurut Pakar | Pengertian Pakar
loading...
loading...

Pengertian Desentralisasi Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Desentralisasi Menurut Para Pakar, sebagai berikut : 
Menurut Jha Mathur, Pengertian Desentralisasi adalah pelimpahan kewenangan dari pemerintah pusat dengan cara dekonsentrasi pendelegasian kantor wilayah atau dengan devolusi kepada pejabat daerah atau badan-badan daerah.
 
Menurut Sills, Pengertian Desentralisasi adalah penyerahan wewenang dari tingkat pemerintahan yang lebih tinggi kepada pemerintah yang lebih rendah, baik yang menyangkut bidang legislatif, yudikatif atau administratif.
 
Menurut Salusu, Pengertian Desentralisasi ialah kewenangan yang relatif besar terutama dalam membuat keputusan-keputusan penting yang didelegasikan secara luas ke tingkat bawah dari organisasi memalui mata rantai komando.
 
Menurut Soejipto, Pengertian Desentralisasi adalah pelimpahan kewenangan pemerintah kepada pihak lain untuk dilaksanakan. Soejito juga mengatakan bahwa desentralisasi sebagai suatu sistem yang dipakai dalam bidang pemerintahan merupakan kebalikan dari sentralisasi.
Pengertian sentralisasi adalah kewenangan pemerintah baik di pusat maupun di daerah yang dipusatkan pada pemerintahan pusat. Pejabat-pejabat daerah hanya melaksanakan kehendak pemerintah pusat. Dalam sistem desentralisasi, sebagian kewenanangan pemerintah pusat dilimpahkan kepada pihak lain untuk dilaksanakan.
 
Pengertian Desentralisasi menurut United Nations, Desentralisasi adalah proses kewenangan yang diserahkan pusat kepada daerah. Proses tersebut melalui dua cara yaitu dengan delegasi kepada pejabat-pejabatnya di daerah atau dengan devolution kepada badan-badan otonomi daerah. Dalam definisi desentralisasi yang diungkapkan oleh united nations tidak dijelaskan isi dan keluasan kewenangan serta konsekuensi penyerahan kewenangan itu bagi badan-badan otonomi daerah.
Koesoemahatmadja mengatakan bahwa pada umumnya terdapat dua bentuk desentralisasi yaitu dekonsentrasi dan desentralisasi ketatanegaraan atau desentralisasi politik.
Pengertian Dekonsentrasi adalah pelimpahan kekuasaan dari alat perlengkapan negara tingkat lebih atas kepada bawahannya untuk melancarkan pelaksanaan tugas pemerintah.
Pengertian Desentralisasi Ketatanegaraan atau desentralisasi politik adalah pelimpahan kekuasaan perundangan dan pemerintahan kepada daerah-daerah otonom di dalam linkungannya. Di dalam desentralisasi politik ini, rakyat dengan mempergunakan perwakilannya ikut serta dalam pemerintahan.
 
Desentralisasi ketatanegaraan ini dibagi lagi menjadi dua bentuk, yaitu densentralisasi territorial dan desentralisasi fungsional. Desentralisasi territorial adalah pelimpahan kekuasaan untuk mengatur dan mengurus rumah tangga daerah masing-masing (otonom), sedangkan Desentralisasi fungsional adalah pelimpahan kekuasaan untuk mengatur dan mengurus sesuatu atau beberapa kepentingan tertentu.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian desentralisasi menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian desentralisasi menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Desentralisasi Menurut Para Pakar :

– Juanda Nawawi, 2012. Desentralisasi dan Kinerja Pelayanan Publik. Penerbit CV Menara Intan : Makassar.
Gambar Pengertian Desentralisasi Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Desentralisasi Menurut Para Pakar

 
Pengertian Desentralisasi Menurut Pakar | utsman ali |