. Pengertian Hukum Kontrak atau Perikatan | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Hukum Kontrak atau Perikatan

Pengertian Pakar
 
Pengertian Hukum Kontrak atau Hukum Perikatan Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
Menurut Michael D Bayles, Pengertian Hukum Kontrak adalah aturan hukum yang berkaitan dengan pelaksanaan perjanjian atau persetujuan. Definisi hukum kontrak menurut bayles ini mengkaji hukum kontrak dari dimensi pelaksanaan perjanjian yang dibuat oleh para pihak, namun beliau tidak melihat pada tahap pra kontraktual dan kontraktual. Tahap tersebut merupakan tahap-tahap yang menentukan dalam penyusunan sebuah kontrak. Kontrak yang telah disusun oleh para pihak akan dilaksanakan mereka sendiri.
 
Menurut Lawrence M. Friedman, Pengertian Hukum Kontrak adalah perangkat hukum yang hanya mengatur aspek tertentu dari pasar dan mengatur jenis perjanjian tertentu. Apabila kita mengkaji aspek pasar, tentunya kita akan mengkaji dari berbagai aktivitas bisnis yang hidup dan berkembang dalam suatu market. Dalam berbagai market tersebut, terdapat berbagai macam kontrak yang dilakukan oleh para pelaku usaha yang mengadakan perjanjian jual beli, beli sewa, sewa-menyewa, leasing dan lain-lain.
 
Pengertian Hukum Kontrak atau Perikatan Menurut Charles L. Knap dan Nathan M. Crystal, Hukum Kontrak ialah hukum yang melindungi harapan-harapan yang timbul dalam pembuatan persetujuan demi perubahan masa datang yang bervariasi kinerja, seperti pengangkutan kekayaan (yang nyata maupun yang tidak nyata), kinerja pelayanan dan pembayaran tersebut dengan uang.
 
Dari pengertian Hukum kontrak yang diungkapkan di atas, dapat disimpulkan bahwa Pengertian Hukum Kontrak adalah keseluruhan kaidah hukum yang mengatur hubungan hukum antara dua pihak atau lebih berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum.
 
Van Dunne mengemukakan bahwa hukum kontrak tidak hanya mengkaji kontrak pada tahap kontraktual semata-mata, melainkan juga harus diperhatikan perbuatan sebelumnya. Perbuatan sebelumnya mencakup tahap pra contractual dan post contractual. Pra contractual adalah tahap penawaran (offer) dan penerimaan (acceptance), sedangkan post contractual ialah pelaksanaan perjanjian. Hubungan hukum ialah hubungan yang menimbulkan akibat hukum, yaitu timbulnya hak dan kewajiban. Hak merupakan suatu kenikmatan, sedangkan kewajiban merupakan suatu beban.
Hukum kontrak terbagi atas dua macam, Yaitu hukum kontrak nominaat dan hukum kontrak innominaat.
Pengertian Hukum Kontrak Nominaat adalah ketentuan hukum yang mengkaji berbagai kontrak atau perjanjian yang dikenal di dalam KUH Perdata.
Pengertian Hukum Kontrak Innominaat adalah keseluruhan kaidah hukum yang mengkaji berbagai kontrak yang timbul, tumbuh dan hidup di dalam masyarakat dan kontrak ini belum dikenal pada saat KUH Perdata diundangkan.
 
Ruang Lingkup Hukum Kontrak yaitu berbagai kontrak yang muncul dan berkembang dalam masyarakat, seperti kontrak production sharing, join venture, kontrak karya, kontrak rahim dan lain-lain. Hukum kontrak merupakan hukum yang bersifat umum, hal ini bahwa kontrak-kontrak innominaat berlaku terhadap peraturan yang bersifat khusus, seperti yang tedapat dalam berbagai peraturan perundang-undangan yang mengaturnya. Apabila dalam UU khusus tidak diatur maka kita mengacu pada peraturan yang bersifat umum, sebagaimana yang tercantum dalam Buku 3 KUH Perdata.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian hukum kontrak atau pengertian hukum perikatan, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum kontrak atau pengertian hukum perikatan dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Hukum Kontrak atau Perikatan :

– Salim H.S., 2010. Perkembangan Hukum Kontrak Innominaat di Indonesia. Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.
Gambar Pengertian Hukum Kontrak Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Hukum Kontrak Menurut Para Pakar

 
Pengertian Hukum Kontrak atau Perikatan | utsman ali |