. Pengertian Hukum Penitensier | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Hukum Penitensier

Pengertian Pakar
 

Menurut Professor Van Bemmelen, Pengertian Hukum Penitensier adalah hukum yang berkaitan dengan tujuan, daya kerja dan organisasi dari lembaga-lembaga pemidanaan.

Van Bemmelen tidak memandang pidana itu semata-mata sebagai pidana atau melihat pemidanaan sebagai pemidanaan, melainkan Bemmelen telah mengaitkan lembaga-lembaga pemidanaan dengan tujuan yang ingin dicapai orang dengan pemidanaan itu sendiri. Dengan intensitas kerja yang dimiliki oleh lembaga pemidanaan tersebut dan dengan organisasi yang diperlukan agar pidana yang telah dijatuhkan oleh hakim dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien.
 
Secara Umum, Pengertian Hukum Penitensier adalah keseluruhan dari norma-norma yang mengatur masalah pidana dan pemidanaan. Sebagain besar dari peraturan yang mengatur mengenai apa yang harus dilakukan orang setelah hakim menjatuhkan suatu pidana yang terdapat di dalam hukum penitensier, yang norma-normanya terdapat secara tersebar di dalam berbagai peraturan perundang-undangan di luar kitab UU Hukum Pidana.
 
Hukum penitesier kurang tepat disebut sebagai keseluruhan dari norma-norma yang mengatur masalah pidana dan pemidanaan, tetapi lebih tepat apabila hukum penitensier disebut dengan keseluruhan dari norma-norma yang mengatur lembaga pidana atau pemidanaan, lembaga penindakan dan lembaga kebijaksanaan yang telah diatur oleh pembentuk undang-undang di dalam hukum pidana materiil.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian hukum penitensier, semoga tulisan saya mengenai pengertian hukum penitensier dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Hukum Penitensier :

– P.A.F. Lamintang dan Theo Lamintang, 2010. Hukum Penitensier Indonesia : Edisi Kedua. Penerbit Sinar Grafika : Jakarta.
Gambar Pengertian Hukum Penitensir

Gambar Pengertian Hukum Penitensir

 
Pengertian Hukum Penitensier | utsman ali |