Pengertian Pemasaran Sosial (Social Marketing)

Loading...
 
Pengertian Pemasaran Sosial Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
Menurut Ann Voorhee Baker, Pengertian Pemasaran Sosial adalah suatu pemasaran yang menggunakan kombinasi konsep tradisional pemasaran dan teknik komunikasi budaya yang didorong untuk menjual kesadaran, sikap, dan pilihan gaya hidup untuk satu atau lebih sasaran. Ketika target pelanggan adalah kelompok yang kurang beruntung secara ekonomi, maka memiliki tantangan yang bervariasi.
 
Menurut Profesor Punam Anand Keller, Pengertian Pemasaran Sosial adalah penerapan teknologi pemasaran komersial untuk analisis, perencanaan pelaksanaan dan evaluasi program yang dirancang untuk mempengaruhi perilaku sukarela dari sasaran dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pribadi dan masyarakat.
 
Menurut Kotler dan Zaltham, Pengertian Pemasaran Sosial ialah konsep yang menggunakan metode pemasaran komersial dalam pemasaran isu-isu sosial.
 
Menurut Roberto dan Lee, Pengertian Pemasaran Sosial adalah penggunaan prinsip-prinsip pemasaran dan teknik pemasaran untuk mempengaruhi sasaran, yang dengan secara sukarela menerima, memodifikasi, atau meninggalkan perilaku untuk kepentingan individu, kelompok atau masyarakat secara keseluruhan.
 
Pemasaran sosial ini dapat dilaksanakan pada :
(1) Pemerintah dan pelayanan publik. Contohnya : Kampanya keluarga kecil bahagia, pembangunan berwawasan kesehatan dan pencegahan HIV atau AIDS.
(2) Perusahaan bisnis, baik profit dan nonprofit. Contohnya : Perusahaan seatbelt, air minum botol, pabrik biskuit, makanan rendah gula dan susu tinggi kalsium.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian pemasaran sosial, semoga tulisan saya mengenai pengertian pemasaran sosial dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Pemasaran Sosial :

– S. Supriyanto dan Ernawati, 2010. Judul : Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Penerbit CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Pemasaran Sosial Menurut Para Pakar
Gambar Pengertian Pemasaran Sosial Menurut Para Pakar