. Pengertian Pencemaran Udara Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Pencemaran Udara Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 

Menurut Chambers, Pengertian Pencemaran Udara adalah bertambahnya bahan atau substrat fisik atau kimia ke dalam lingkungan udara normal yang mencapai sejumlah tertentu, sehingga dapat dideteksi oleh manusia atau yang dapat dihitung dan diukur, serta dapat memberikan efek pada manusia, binatang, vegetasi dan material.

 
Pengertian Pencemaran Udara menurut Parker, Pencemaran Udara adalah perubahan atmosfer oleh karena masuknya bahan kontaminan alami atau buatan ke dalam atmosfer tersebut.
 
Menurut Kumar, Pengertian Pencemaran Udara ialah adanya bahan polutan di atmosfer yang dalam konsentrasi tertentu akan mengganggu keseimbangan dinamik atmosfer dan mempunyai efek pada manusia dan lingkungannya.
 
Menurut Corman, Pengertian Pencemaran Udara adalah terdapat bahan kontamina di atmosfer karena perbuatan manusia. Hal ini untuk membedakan dengan pencemaran udara alamiah dan pencemaran udara di tempat kerja.
 
Asal pencemaran udara dapat diterangkan dengan tiga proses yaitu atrisi, penguapan dan pembakaran. Dari ketiga proses pencemaran udara tersebut, pembakaran merupakan proses yang sangat dominan dalam kemampuannya menimbulkan bahan polutan.
 
Bahan pencemar udara atau polutan terbagi atas dua bagian, yaitu polutan primer dan polutan sekunder.
Polutan Primer ialah polutan yang dikeluarkan langsung dari sumber tertentu dan dapat berupa gas yang terdiri dari senyawa karbon, senyawa sulfur, senyawa nitrogen dan senyawa halogen.
Polutan Sekunder biasanya terjadi karena reaksi dari dua atau lebih bahan kimia di udara, misalnya reaksi foto kimia. Polutan sekunder ini mempunyai sifat kimia dan sifat fisik yang tidak stabil. Yang termasuk dalam polutan sekunder ini adalah ozon, peroxy acyl nitrat dan formaldehid.
 
Penyebab pencemaran udara di atmosfer biasanya berasal dari sumber kendaraan bermotor dan industri. Bahan pencemar yang dikeluarkan tersebut antara lain ozon, partikel debu dan lain-lain. Gas-gas ini dapat dihasilkan dari proses pembakaran oleh mesin yang menggunakan bahan bakar yang berasal dari bahan fosil.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian pencemaran udara menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian pencemaran udara menurut para pakar dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Pencemaran Udara Menurut Pakar :

– H. J. Mukono, 2008. Pencemaran Udara dan Pengaruhnya Terhadap Gangguan Saluran Pernapasan. Penerbit Airlangga University Press : Surabaya.
Gambar Pengertian Pencemaran Udara

Gambar Pengertian Pencemaran Udara

 
Pengertian Pencemaran Udara Menurut Pakar | utsman ali |