. Pengertian Statistika Menurut Pakar | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Statistika Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Statistika Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
 
Menurut Kendal dan Stuart, Pengertian Statistika adalah cabang dari metode ilmiah yang berhubungan dengan pengumpulan data yang dikumpulkan dengan mencacah atau mengukur sifat-sifat dari populasi.
 
Pengertian Statistika menurut Mood, Graybill dan Boes, Statistika adalah teknologi dari metode ilmiah. Mereka juga menambahkan bahwa statistika berhubungan dengan rancangan percobaan dan penyelidikan, dan penarikan kesimpulan statistik.
 
Pengertian Statistika menurut Modenhall, Statistika ialah suatu bidang sains yang berkaitan dengan ekstraksi informasi dari data numerik dan menggunakannya untuk membuat keputusan tentang populasi dari mana data tersebut diperoleh.
 
Asher mengomentari percobaan dan aplikasi statistika, beliau mengatakan bahwa statistika berhubungan dengan metode untuk menarik kesimpulan dari hasil percobaan atau proses.
Freund dan Walpole melihat statistika sebagai sains dalam pengambilan keputusan di dalam ketidakpastian.
 
Jadi pengertian statistika secara umum adalah suatu teori informasi, dengan penarikan kesimpulan sebagai tujuannya.
 
Tujuan statistika yaitu untuk membuat kesimpulan mengenai suatu yang lebih luas (populasi) berdasarkan keterangan yang ada pada sebagian contoh (sampel) yang diambil dari populasi. Teori statistika adalah suatu teori informasi yang berhubungan dengan pengangkaan informasi, menentukan percobaan atau prosedur untuk pengumpulan data, dengan pengeluaran biaya yang minimal, dari sejumlah informasi tertentu dan menggunakan informasi ini untuk membuat kesimpulan-kesimpulan. Pembuatan kesimpulan terhadap populasi yang tidak diketahui ialah prosedur yang terdiri atas dua langkah. Langkah pertama yaitu kita menentukan prosedur-prosedur penarikan kesimpulan yang cocok dari situasi yang dihadapi dan langkah kedua yaitu kita mencari ukuran kecocokan dari kesimpulan yang dihasilkan.

Jadi data atau inforrmasi merupakan bagian yang sangat penting dalam menggunakan statistik sebagai alat untuk mengambil keputusan. Demikian juga sebaliknya, statistika adalah salah satu alat yang dapat dipergunakan untuk memanfaatkan data (informasi) sebagai bahan pengambilan keputusan. Selain karena menggunakan informasi atau data sebagai landasan pengambilan keputusan, pengambilan keputusan dengan statistika juga memiliki keunggulan lain yaitu statistika juga memberikan ukuran kecocokan atau ukuran kesalahan dari kesimpulan yang dibuat.

 
Sekian pembahasan mengenai pengertian statistika menurut para pakar, semoga tulisan saya mengenai pengertian statistika dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Statistika Menurut Pakar :

– Meilia Nur Indah S, 2014. Statistika Deskriptif dan Induktif. Penerbit Graha Ilmu : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Statistika Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Statistika Menurut Para Pakar

 
Pengertian Statistika Menurut Pakar | utsman ali |