. Macam Macam Data Penelitian | Pengertian Pakar

Macam Macam Data Penelitian

Pengertian Pakar
 
Macam macam data ada dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif.
 
Pengertian Data Kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk kata, kalimat dan gambar.
Pengertian Data Kuantitatif adalah data yang berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan (skoring : baik sekali = 4, baik = 3, kurang = 2 dan tidak baik = 1).
 
Data kualitatif dibagi menjadi dua, yaitu data nominal dan data kontinum.
Pengertian Data Nominal adalah data yang hanya dapat digolong-golongkan secara terpisah, secara diskrit atau kategori. Data ini diperoleh dari hasil menghitung, contohnya dalam suatu kelas setelah dihitung terdapat 50 mahasiswa, terdiri atas 30 pria dan 20 wanita. Dalam suatu kelompok terdapat 1000 orang suku jawa dan 500 orang suku sunda. Jadi data nominal merupakan data diskrit, bukan data kontinum.
 
Pengertian Data Kontinum adalah data yang bervariasi menurut tingkatan dan data ini diperoleh dari hasil pengukuran. Data kontinum dibagi menjadi data ordinal, data interval dan data ratio.
 
Pengertian Data Ordinal adalah data yang berbentuk rangking atau peringkat. Contohnya juara 1, 2, 3 dan seterusnya. Data ini dinyatakan dalam skala, maka jarak satu data dengan data yang lain tidak sama.
 
Pengertian Data Interval adalah data yang jaraknya sama tetapi tidak mempunyai nilai nol absolut atau mutlak. Contoh skala termometer, walaupun ada nilai 0 derajat celcius, tetapi tetap ada nilainya. Data-data yang diperoleh dari pengukutan dengan instrumen sikap dengan skala Linkert misalnya adalah berbentuk data interval. Data interval dapat dibuat menjadi data ordinal atau peringkat.
 
Pengertian Data Ratio adalah data yang jaraknya sama dan mempunyai nilai nol mutlak. Contohnya data mengenai berat, panjang dan volume. Berat 0 Kg berarti tidak ada bobotnya, panjang 0 m berarti tidak ada panjangnya. Data ini dapat dirubah ke dalam interval dan ordinal. Data ini juga dapat dijumlahkan atau dibuat perkalian secara aljabar. Contohnya 2m + 3m = 7m. Kalau dalam data interval penjumlahannya tidak seperti dalam data ratio. Contohnya air 1 gelas dengan suhu 20 derajat celcius + air 1 gelas dengan suhu 15 derajat celcius maka suhunya tidak menjadi 35 derajat celcius, akan tetapi sekitar 17,5 derajat celcius. Data ratio adalah data yang paling teliti.
 
Sekian pembahasan  mengenai macam macam data penelitian, semoga tulisan saya mengenai macam macam data penelitian dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Macam Macam Data Penelitian :

– Sugiyono, 1999. Judul : Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Penerbit Alfabeta : Bandung.
Gambar Macam Macam Data Penelitian

Gambar Macam Macam Data Penelitian

 
Macam Macam Data Penelitian | utsman ali |