. Pengertian Abstrak Dalam Penelitian | Pengertian Pakar
Loading...

Pengertian Abstrak Dalam Penelitian

Pengertian Pakar
 
Pengertian Abstrak adalah gambaran menyeluruh mengenai kegiatan penelitian yang dibuat secara ringkas. Secara umum abstrak terdiri dari 150 hingga 200 kata. Tentu saja batasan ini tidak bersifat mutlak.
 
Fungsi Abstrak yaitu memberikan gambaran kepada pembaca mengenai isi laporan yang akan dibacanya. Penulisan abstrak ini menjadi penting karena isi abstrak akan mempengaruhi pembaca untuk memutuskan apakah ia akan membaca laporan tersebut atau tidak.
Contohnya :
Setelah membaca isi abstrak, pembaca akan tahu bahwa informasi yang akan ia cari dengan membaca laporan tidak ada sama sekali sehingga pembaca memutuskan untuk mencari laporan lain, atau bisa saja setelah pembaca membaca abstrak, ia memutuskan bahwa laporan yang sudah kita buat bahasannya tidak menarik atau sudah bersifat umum informasinya sehingga pembaca memutuskan untuk tidak akan membaca laporan tersebut.
 
Beberapa kalangan beranggapan bahwa judul sebuah laporan merupakan sebuah abstrak karena dengan kita dapat dari tulisan atau laporan yang ada. Tentu saja abstrak di sini bukan hanya judul saja. Abstrak berisi mulai dari kita mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data hasil penelitian yang ada.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian abstrak, semoga tulisan saya mengenai pengertian abstrak dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Abstrak :

– Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif : Teori dan Aplikasi. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Pengertian Abstrak Dalam Penelitian

Gambar Pengertian Abstrak Dalam Penelitian

 
Pengertian Abstrak Dalam Penelitian | utsman ali |