. Pengertian Berita Menurut Pakar | Pengertian Pakar

Pengertian Berita Menurut Pakar

Pengertian Pakar
 
Pengertian Berita Menurut Para Pakar, sebagai berikut :
Pengertian Berita adalah laporan mengenai peristiwa atau pendapat yang memiliki nilai penting, menarik bagi sebagian besar peminatnya, masih baru atau aktual dan dipublikasikan secara luas melalui media massa periodik.
 
Menurut Douglas Wood Miller, Pengertian Berita adalah peristiwa atau pendapat yang dapat menyentuh rasa insani yang selalu menjadi menarik perhatian banyak orang.
 
Pengertian Berita menurut James M Neal ialah kecenderungan, kondisi, situasi dan interprestasi.
 
Clarence Hach dan Earl English mengatakan bahwa asal ada fakta, interest dan audience, sudah ada berita. Berita menurut pendapat Clarence dan Earl mengesampingkan syarat penting dan aktualitas.
 
Menurut Mitchell V. Charnley, Pengertian Berita adalah laporan yang hangat, padat, cermat mengenai suatu kejadian, bukan kejadiannya itu sendiri.
 
Suatu peristiwa atau pendapat baru akan menjadi berita bila dimuat, dipublikasikan atau disebarluaskan melalui media massar periodik dan juga untuk dapat dimuat pada media massa periodik, peristiwa dan pendapat tersebut harus memiliki persyaratan khusus yaitu memiliki bobot atau nilai berita.
 
Persyaratan agar Peristiwa dan pendapat dapat diangkat menjadi berita atau dimuat di media massa periodik jika pertistiwa dan pendapat tersebut memiliki bobot. Di indonesia persyaratan tersebut ditambah satu lagi yaitu aman bila disiarkan atau setelah berita tesebut disebar luaskan, tidak akan menimbulkan keresahan di masyarakat. Hal ini dikarenakan Pers di Indonesia memiliki juga tanggung jawab keamanan atau securite responsibility.
 
Pada saat ini mengalami perkembangan dan perkembangan ini disebabkan karena meningkatnya selera pembaca, mendengar dan pemirsa, di samping terjadinya perkembangan teknologi informasi pada akhir abad ke 20 ini.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian berita, semoga tulisan saya mengenai pengertian berita dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Berita :

– J. B. Wahyudi, 1991. Komunikasi Jurnalistik : Pengetahuan Praktis Kewartawanan, Suratkabar-Majalah, Radio dan Televisi. Penerbit ALUMNI : Bandung.
Gambar Pengertian Berita Menurut Para Pakar

Gambar Pengertian Berita Menurut Para Pakar

 
Pengertian Berita Menurut Pakar | utsman ali |