. Pengertian, Fungsi dan Permasalahan Transportasi | Pengertian Pakar

Pengertian, Fungsi dan Permasalahan Transportasi

Pengertian Pakar
 

Pengertian Transportasi adalah suatu proses pemindahan manusia atau barang dari suatu tempat ke tempat lain dengan menggunakan suatu alat bantu kendaraan darat, kendaraan laut, maupun kendaraan udara, baik umum maupun pribadi dengan menggunakan mesin atau tidak menggunakan mesin.

 
Dalam rangka optimasi manfaat transportasi bagi kepentingan manusia, banyak pihak yang terlibat dalam operasi transportasi. Bukan pihak pemerintah saja yang terlibat, akan tetapi pihak swasta juga terlibat. Transportasi memegang peranan penting dalam dinamika masyarakat bahkan dinamika negara dan bangsa, baik dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan budaya, kehidupan politik, terutama dalam kehidupan sosial ekonomi.
 
Perkembangan suatu masyarakat atau daerah tergantung pada perkembangan transportasi atau sebaliknya, perkembangan transportasi suatu negara dan masyarakat tergantung pada perkembangan aktivitas atau kegiatan perdagangan dan bisnis dari suatu negara atau masyarakat tersebut.

| Fungsi Transportasi |

Fungsi Transportasi sebagai berikut :
(1) Fungsi transportasi untuk menghubungkan kota dengan desa atau sebaliknya desa dengan kota.
(2) Fungsi transportasi untuk memajukan suatu daerah, tanpa adanya adanya transportasi maka suatu daerah tidak akan maju.
(3) Fungsi transportasi sebagai pembuka isolasi daerah.
(4) Fungsi transportasi sebagai perangsang pembangunan.
(5) Fungsi transportasi sebagai sarana komunikasi.
(6) Fungsi transportasi sebagai alat pemersatu budaya.
(7) Fungsi transportasi sebagai alat untuk perdagangan.

| Permasalahan Transportasi |

Beberapa permasalahan transportasi di beberapa wilayah di Indonesia, terutama pada daerah perkotaan sebagai berikut.
 
Perkotaan sebagai wilayah pusat bisnis memerlukan sarana dan prasaran yang lebih banyak dibanding wilayah pedesaan. Hal ini agar segala kegiatan manusia di kota dapat didukung secara memadai. Namun seiring dengan berjalannya waktu bertambahnya jumlah penduduk suatu wilayah menjadi penyebab meningkatnya kebutuhan akan alat transportasi. Karena bertambahnya penggunaan transportasi di suatu wilayah mengakibatkan wilayah tersebut mengalami kemacetan.
 
Pada umumnya, permasalahan transportasi terletak pada ketidakseimbangan antara kebutuhan sarana, prasarana dan fasilitas transportasi, serta pertumbuhan penduduk dan juga perkembangan ekonomi suatu daerah atau wilayah. Di beberapa kota atau wilayah tertentu di Indonesia masih dijumpai keberadaan prasarana yang tidak seimbang dengan keberadaan dari sarana transportasi. Sarana transportasi tidak seimbang dengan fasilitas penunjang transportasi, tidak seimbang dengan pertumbuhan penduduk, serta tidak seimbangnya perkembangan ekonomi dengan pembangunan wilayah dan daerah.
 
Solusi agar permasalah transpotasi ini bisa diatasi, sebagai berikut :
(1) Melakukan sosialisasi peraturan lalu lintas khususnya terhadap penggunaan rambu dan marka jalan bagi pemakai jalan, sehingga terwujud keamanan dan keselamtan lalu lintas.
(2) Peningkatan koordinasi antara pihak pemda atau dinas perhubungan dengan kepolisian dalam penegakan peraturan lalu lintas.
(3) Pembangunan, penambahan, perbaikan sarana dan prasaran serta fasilitas transportasi sejalan dengan tuntutan perkembangan wilayah atau daerah.
(4) Kebijaksanaan sistem angkutan massal sebagai upaya pemecahan masalah kemacetan dapat diteruskan pelaksanaannya.
(5) Orientasi pada era globalisasi, terutama dalam hal modal yang memenuhi standar nasional, regional dan internasional, sedangkan personil memenuhi kualifikasi dan kesetaraan terutama dalam hal kompetensi.
(6) Penciptaan iklim bagi investor dalam negeri dan investor luar negeri sebagai patner dalam menyediakan, mengusahakan serta membangun sarana dan prasarana fasilitas transportasi.
(7) Membudayakan kerja sama dengan lembaga penelitian pengembangan perguruan tinggi negeri maupun swasta sebagai mitra dalam pembangunan.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian transportasi, fungsi transportasi dan permasalahan transportasi, semoga tulisan saya mengenai pengertian transportasi, fungsi transportasi dan permasalahan transportasi dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Transportasi, Fungsi Transportasi dan Permasalahan Transportasi :

– Maringan Masry S, 2003. Ekonomi Transportasi. Penerbit Ghalia Indonesia : Jakarta.
Gambar Pengertian Transportasi, Fungsi Transportasi dan Permasalahan Transportasi

Gambar Pengertian Transportasi, Fungsi Transportasi dan Permasalahan Transportasi

 
Pengertian, Fungsi dan Permasalahan Transportasi | utsman ali |