Pengertian dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat

Loading...
 
Menurut E.B. Tylor, Pengertian Kebudayaan adalah suatu kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum dan adat istiadat, serta kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Dengan kata lain, kebudayaan mencakup semua yang didapatkan atau dipelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Kebudayaan terdiri dari segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku yang normatif. Perilaku yang normatif ini mencakup segala cara-cara atau pola-pola berpikir, merasakan dan bertindak.

 
Pengertian Kebudayaan menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebendaan yang bersifat kebudayaan yang diperlukan oleh manusia untuk menguasai alam sekitarnya agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk keperluan masyarakat.
 
Menurut Ralph Linton, Pengertian Kebudayaan ialah suatu garis-garis pokok mengenai perilaku yang menetapkan peraturan-peraturan mengenai apa yang seharusnya dilakukan, apa yang dilarang dan lain sebagainya.
 

Kebudayaan dimiliki oleh setiap masyarakat, namun perbedaannya terletak pada kebudyaan masyarakat yang satu lebih sempurna daripada kebudayaan masyarakat lain, di dalam perkembangannya untuk memenuhi segala keperluan masyarakatnya. Untuk kebudayaan yang telah mencapai taraf perkembangan teknologi yang sudah lebih tinggi disebut dengan peradaban (civilization).

Selanjutnya akan dibahas mengenai fungsi kebudayaan bagi masyarakat di bawah ini.

| Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat |

Kebudayaan mempunyai fungsi yang sangat besar bagi manusia dan masyarakat. Berbagai macam kekuatan yang harus dihadapi masyarakat dan anggota-anggotanya seperti kekuatan alam, maupun kekuatan-kekuatan lainnya di dalam masyarakat itu sendiri tidak selalu baik baginya. Selain itu, manusia dan masyarakat memerlukan juga kepuasaan, baik di bidang spiritual maupun materiil. Kebutuhan-kebutuhan masyarakat tersebut di atas unutk sebagai besar dipenuhi oleh kebudayaan yang bersumber pada masyarakat itu sendiri. Dikatakan sebagian besar karena kemampuan manusia terbatas, sehingga kemampuan kebudayaan yang merupakan hasil ciptaannya juga terbatas di dalam memenuhi segala kebutuhan.
 
Fungsi kebudayaan pada hakikatnya adalah untuk mengatur agar manusia dapat mengerti satu sama lainnya, bagaimana manusia bertindak dan bagaimana manusia itu berbuat untuk kebaikan bersama. Jadi pada initinya kebudayaan ini sebagai cerminan kehidupan manusia, jika suatu masyarakat memegang teguh kebudayaannya maka akan tercipta kehidupan yang harmonis.
 
Sekian pembahasan mengenai pengertian kebudayaan dan fungsi kebudayaan bagi masyarakat, semoga tulisan saya mengenai pengertian kebudayaan dan fungsi kebudayaan bagi masyarakat dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Kebudayaan dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat :

– Soerjono Soekanto, 2010. Sosiologi Suatu Pengantar. Penerbit PT Raja Grafindo Persada : Jakarta.
Gambar Pengertian Kebudayaan dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat
Gambar Pengertian Kebudayaan dan Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat