. Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik | Pengertian Pakar

Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik

Pengertian Pakar
 

Pengertian Manajemen Konflik adalah suatu proses pembuatan rencana dan mengendalikan kondisi yang tidak berkesesuaian yang terjadi di antara pihak-pihak. Definisi manajemen konflik ini diambil berdasarkan pendapat para ahli mengenai pengertian manajemen dan pengertian konflik di bawah ini.

Pengertian Manajemen menurut Stoner adalah suatu proses untuk membuat perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan berbagai usaha anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya dari organisasi untuk mencapai tujuan.
 
Pengertian Konflik menurut Alabaness ialah kondisi yang diduga ada diantara pihak-pihak atau lebih yang merasakan adanya ketidaksesuaian antara peluang dan tujuan guna mencampuri usaha pencapaian tujuan pihak lain.
 
Dalam manajemen konflik yang diutamakan adalah bagaimana cara mengendalikan konflik-konflik yang terjadi diantara para pihak. Untuk memahami manajemen konflik, Stevenin mengemukakan lima langkah manajemen konflik yang bersifat mendasar, yaitu :
1. Pengenalan
Dalam manajemen konflik, pengenalan merupakan teknik untuk mengatasi konflik yang terjadi. Kesalahan di dalam mendeteksi (tidak memperdulikan masalah atau menganggap ada masalah yang sebenarnya tidak ada).
2. Diagnosis
Diganosis merupakan salah satu dari teknik manajemen konflik. Metode yang benar dan telah teruji mengenai apa, mengapa, dimana dan bagaimana berhasil dengan sempurna. Dalam hal ini pusatkan perhatian pada masalah yang utama, bukan pada hal-hal yang sepele.
3. Menyepakati Suatu Solusi
Dengan menyepakati suatu solusi kita dapat menghindari konflik. Teknik ini merupakan salah satu teknik manajemen konflik yang paling efektif.
4. Pelaksanaan
Teknik manajemen konflik yang selanjutnya yaitu pelaksanaan. Dalam setiap pelaksaan selalu terdapat untung dan rugi, jadi jangan sampai pertimbangan ini terlalu mempengaruhi pilihan dan arah kelompok.
5. Evaluasi
Teknik evaluasi merupakan salah satu dari teknik manajemen konflik. Dengan mengevaluasi kita dapat menghindari terjadinya konflik dikemudian hari.
 
Sekian dari saya mengenai pengertian manajemen konflik dan teknik manajemen konflik, semoga tulisan saya mengenai pengertian manajemen konflik dan teknik manajemen konflik dapat bermanfaat.

Sumber : Buku dalam Penulisan Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik :

– Sopiah, 2008. Perilaku Organisasional. Yang Menerbitkan CV Andi Offset : Yogyakarta.
Gambar Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik

Gambar Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik

 
Pengertian Manajemen Konflik dan Teknik Manajemen Konflik | utsman ali |